Sosialisasi Pemetaan Kualitas dan Kuantitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Pengembangan Budaya Lampung Adat Saibatin dan Pepadun

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.536

Authors

  • Tina Kartika Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Abdul Firman Ashaf Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Goesty Ayu Mariana Devi Program Studi Pendidikan Seni Tari, Universitas Lampung

Keywords:

pemetaan budaya, masyarakat Lampung, Saibatin, Pepadun

Abstract

Setiap Perguruan Tinggi biasanya mempunyai tugas pendidikan    dan    Pengajaran, penelitian dan pengabdian. Peningkatan kinerja dosen perlu pengembangan karir dosen. Begitu juga dosen di universitas Lampung.  Focus Group Discussion grup diadakan di Universitas Lampung dengan tema Memetakan potensi–potensi budaya Lampung (adat Saibatin dan Pepadun). Tujuan Sosialisasi berupa FGD (focus Discussion Group) ini adalah: 1) Membahas mengenai potensi–potensi budaya Lampung (adat Saibatin dan Pepadun) yang dapat dikaji sebagai objek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang budaya. 2) Mengidentifikasi peta kebudayaan masyarakat adat Lampung Saibatin dan Pepadun,  3) Memfasilitasi dialog yang lebih terbuka antara para peneliti dari beberapa disiplin ilmu, dan keahlian di perguruan tinggi dan para stakeholder, seniman, pengampu kepentingan kebijakan dan     pengguna hasil-hasil penelitian. Metode pengabdian ini melalui pemaparan materi, diskusi dan pertanyaan. Setelah pre test dan post test didapatkan penambahan  pemahaman peserta sebanyak 10 atau 6%, 15 atau 2%, 20 atau 42%, 25 atau 2%, 30 atau 38%, 40 atau 4%, dan 50 atau 6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Al- Khidmah: Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 79-93.

Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127. 122-130.

Taman Budaya Lampung. (2022). Taman Budaya Provinsi Lampung. Retrieved from Taman Budaya Provinsi Lampung. From Kategori Warisan Budaya Tak Benda: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/budayakita/wbtb

Qomaruzzaman. (2021). Digital Library Sunan Gunung Jati. From Knowledge management untuk kampus merdeka. Retrieved from https://etheses.uinsgd.ac.id/44979/1/3.%20KM%20untuk%20Kampus%20M erdeka%20Cetak%20Ok.pdf

Rizqi, M. A., & Vilantika, E. (2023). Pengembangan Karir Dosen Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bojonegoro. Jurnal Pengabdian Manajemen, 3(1), 39-44. http://dx.doi.org/10.30587/jpmanajemen.v3i1.6237.

Suwena, K. R. (2012). Menciptakan layanan perpustakaan yang berkualitas sebagai pendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Media Komunikasi FPIPS, 11(1), https://doi.org/10.23887/mkfis.v11i1.451.

Universitas Lampung. (2024). LP2M Universitas Lampung. From Revisi “Panduan Hibah Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2024. LPPM Unila. Retrieved from https://lppm.unila.ac.id/revisi-panduan-hibah-penelitian-dan-pengabdian- kepada-masyarakat-tahun-2024/

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Kartika, T., Ashaf, A. F., & Devi, G. A. M. (2024). Sosialisasi Pemetaan Kualitas dan Kuantitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Pengembangan Budaya Lampung Adat Saibatin dan Pepadun. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 229–237. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.536