Peningkatan Penjualan Olahan Jeruk Terusan dengan Pendekatan Brand Image melalui Pembuatan Konten Kreatif Menggunakan Sosial Media

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.542

Authors

  • Nopalia Nopalia Universitas PGRI Silampari
  • Rani Okta Felani Universitas PGRI Silampari
  • Siti Intan Inka Riski Universitas PGRI Silampari
  • Nadia Husna Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Brand Image, Konten Kreatif, Media Sosial, UMKM

Abstract

Latar belakang dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah rendahnya penjualan produk olahan jeruk Terusan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman mengenai strategi branding dan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk olahan jeruk Terusan melalui pendekatan brand image dan pembuatan konten kreatif menggunakan media sosial. Metodologi yang digunakan meliputi pelatihan dan workshop kepada pelaku UMKM tentang pentingnya brand image, teknik pembuatan konten kreatif, serta pendampingan dalam publikasi konten melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan data penjualan sebelum dan sesudah implementasi program. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam penjualan produk olahan jeruk Terusan setelah penerapan strategi brand image dan konten kreatif. Selain itu, pelaku UMKM juga menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola brand image dan membuat konten yang menarik. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pendekatan brand image dan penggunaan konten kreatif di media sosial efektif dalam meningkatkan penjualan dan daya saing produk UMKM. Kegiatan ini memberikan kontribusi praktis bagi UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiwitjaksono, G. S., Azzahra, N. U. S., Wijaya, A. O., Imtihani, E., Rosita, K. R., & Maulana, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Jasa dalam Upaya Mendukung Peningkatan Perekonomian pada UMKM Pemancingan Kelapa Gading Rembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis EkonomI, 1(3), 43–52.

Kharisma, G., Apriliyanto, N., Astarani, D., & Saefudin. (2023). Strategi Pengembangan Pemasaran 4 . 0 Untuk Usaha Rumahan di Era VUCA. Jurnal Abdimas Ekonomi Terapan (JAMET), 1(1), 4–7.

Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 2(1), 139–152. https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i1.162

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616

Nurfadilla, A. A. (2022). Pentingnya Media Promosi dalam Pemasaran : Lokakarya Pengembangan Media Sosial bagi Pemasaran Pariwisata di Desa Kertarahayu. Journal of Tourism and Creativity, 6(3), 212. https://doi.org/10.19184/jtc.v6i3.33578

Rizki, F., & Aprianto, R. (2024). Pelatihan Pengelolaan Manajemen Pariwisata di Era Digital untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Danau Rayo. 4(2), 153–163.

Rizki, F., Elmayati, E., Irawan, D., & Nurdiansyah, D. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Dalam Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata Di Kabupaten Musi Rawas. JURNAL UNIV. BI MENGABDI, 2(1), 1–5.

Rizky I T, Ilmia A, & Mufidah A. (2022). Pemanfaatan dan Pengolahan Potensi Buah Jeruk untuk Pengembangan Produk UMKM Desa Gunting Kecamatan Sukorejo. Diseminasi, 4(1), 67–77.

Silaningsih, E., Dwi Gemina, ) ;, Dwi, ) ;, Nugroho, N., Gemini, P., Universitas, ), Bogor, D., Tinggi, S., Manajemen, I., Pendidikan, L., & Correspondensi, I. M. (2021). Keunggulan Bersaing Pendekatan Pemasaran Media Sosial Competitive Advantages of Social Media Marketing Approach. Jurnal Visionida, 7(2), 143–154. https://www.google.com/travel/hotel/peringkat%2520hotel%25new%2520ria%2520diani/entity

Togodly, E., Tarore, H. S., & Tumbel, T. M. (2022). Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Penjualan pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica di Kabupaten Jayawijaya Elisabet. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Nopalia, N., Okta Felani, R., Inka Riski, S. I., & Husna, N. (2024). Peningkatan Penjualan Olahan Jeruk Terusan dengan Pendekatan Brand Image melalui Pembuatan Konten Kreatif Menggunakan Sosial Media . Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 211–219. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.542