Pengembangan Green Accounting dan Bisnis Digital bagi Pengrajin Gerabah Bumijaya di Kabupaten Serang

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.548

Authors

  • Bambang Arianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Ahmad Eko Adi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Ita Rosita Wahyiah Universitas Bina Bangsa

Keywords:

Green Accounting, Bisnis Digital, Gerabah Bumijaya

Abstract

Pengembangan industri kerajinan tidak sebatas pada bisnis digital, tetapi juga pada pemanfaatan konsep green accounting. Hal itu dikarenakan terjadinya perubahan iklim yang membuat industri kerajinan harus bisa ikut memperhatikan dampak lingkungan. Salah satu industri kerajinan yang sedang berkembang adalah Gerabah Bumi Jaya Serang. Dengan demikian pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bumi Jaya terutama peningkatan daya saing para anggota KUBE Gerabah Bumi Jaya Serang. Kendala utama yang masih dihadapi oleh para pengarajin adalah buruknya tata kelola pemasaran, manajemen usaha, manajemen keuangan dan pengelolaan produksi gerabah yang ramah lingkungan. Metode pelaksanaan meliputi; sosialisasi, pelatihan bisnis digital, pendampingan bisnis digital, pelatihan green accounting dan pendampingan intensif green accounting. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 5 dan 12 September 2024 dengan memberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif tentang konsep green accounting dan bisnis digital. Dalam pelatihan dan pendampingan telah diberikan berbagai kompetensi tentang cara membuat website, media sosial, e-commerce dan konsep green accounting dalam produksi Gerabah. Keberhasilan dari kegiatan ini tampak dari meningkatnya pengetahuan, kompetensi dan pemahaman para pengrajin Gerabah Bumijaya tentang konsep green accounting dan bisnis digital. Selain itu program ini telah berhasil memberikan pengetahuan baru tentang green accounting dalam pengelolaan kerajinan Gerabah Bumijaya dengan menciptakan souvenir dari bahan daur ulang tanah liat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, N., Vitasari, R. R., Azmy, N., Romadhoni, R. I. B., & Arum, D. P. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Kepanjenlor Kota Blitar. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 19-23. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i2.169

Alfian, N. (2023). Kepedulian Dan Pemahaman UMKM Terhadap Implementasi Green Accounting. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO), 7(3), 477-484. https://doi.org/10.33772/jumbo.v7i3.586

Arianto, B., & Handayani, B. (2023). Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Digital Kewargaan: Studi Etnografi Digital. ARKANA: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(02), 220-236. https://doi.org/10.62022/arkana.v2i02.5813

Arianto, B., Rani., Gunawan, A., Suningrat., Arsyad, A.F. (2024). Penguatan Bisnis Petani Bunga Sedap Malam Berbasis Green Marketing di Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana. 4(4), 330-341. https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i4.505

Arianto, B. (2023). Kebermanfaatan Media Sosial Bagi Generasi Internet: Studi Fenomenologi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33021/exp.v6i1.4185

Chikmawati, Z., Widiyanti, A., & Wibisono, C. L. (2020). Pelatihan Digital Marketing bagi Pengrajin Cetakan Kue di Desa Candi Kabupaten Sidoarjo. Journal of Science and Social Development, 3(2), 1-9. https://doi.org/10.55732/jossd.v3i2.316

Dafitri, H., Panggabean, E., Wulan, N., Lubis, A. J., Khairani, S., & Humaira, A. P. (2023). Pelatihan Pembuatan Desain UI/UX Website UMKM Profile Labscarpe dengan Aplikasi Figma: Pelatihan Desain UI/UX Website UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1972-1980.

Indriastuti, M., & Mutamimah, M. (2023). Green accounting and sustainable performance of micro, small, and medium enterprises: The role of financial performance as mediation. The Indonesian Journal of Accounting Research, 26(2), 249-272. DOI: http://doi.org/10.33312/ijar.691

Kusumawardhany, S. I. (2022). Strategi Green Accounting Sebagai Bagian Penerapan Etika Bisnis Pada Umkm. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 25-32. https://doi.org/10.51903/jiab.v2i2.185

Masdjojo, G. N., Suwarti, T., & Adhi, A. (2023). Otomatisasi Green House Dan Penerapan Green Accounting Pada Kwt Nandur Sedekah Gunungpati Semarang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10556-10566.

Maulina, R., Rahmadani, I., Vonna, S. M., & Rahmazaniati, L. (2021). Green Accounting: Pemanfaatan Bank Sampah Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Bank Sampah Unilak Riau. Jurnal Abdimas Independen, 2(2), 111-124. https://doi.org/10.29303/independen.v2i2.49

Pratama, S. P., & Maulida, S. (2022). Strategi Pengembangan Industri Kreatif di Era Digital pada Subsektor Kuliner dalam Sinergi Menuju Smart Economy Kota Banjarmasin. Jurnal Ekonomi-Qu, 12(1), 69-84.

Rachmadewi, I. P., Firdaus, A., Qurtubi, Q., Sutrisno, W., & Basumerda, C. (2021). Analisis strategi digital marketing pada toko online usaha kecil menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121-128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968

Yuliana, Y. K., & Sulistyawati, A. I. (2021). Green accounting: pemahaman dan kepedulian dalam penerapan (studi kasus pada Pabrik Kecap Lele di Kabupaten Pati). Solusi, 19(1). http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i1.2999

Wuryandari, N. E. R., Anjarwati, S., Purwanto, S., Sugeng, M., Perkasa, D. H., & Melly, M. (2023). Pembinaan UMKM berbasis Kemitraan: Solusi untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 387-396. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i3.3020

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Arianto, B., Adi, A. E., & Wahyiah, I. R. (2024). Pengembangan Green Accounting dan Bisnis Digital bagi Pengrajin Gerabah Bumijaya di Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 305–319. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.548