Pelatihan Desain Label Produk UMKM Agrowisata Edukasi Sungai Jawi

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.568

Authors

  • Ghia Subagja Universitas Sriwijaya
  • Reska Rahmatullah Universitas Sriwijaya
  • Nia Meitasari Universitas Sriwijaya
  • Melisa Ariani Putri Universitas Sriwijaya

Keywords:

desain label , kemasan, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM) mempunyai kedudukan penting dalam perekonomian Indonesia, paling utama dalam mendesak perkembangan ekonomi, menghasilkan lapangan kerja, dan mengurangi tingkatan kemiskinan. Tantangan ini tidak terbatas pada kecepatan distribusi saja melainkan pada aspek estetika visual produk juga menjadi faktor utama. Melalui pelatihan ini, UMKM dapat memanfaatkan fitur-fitur visual pada platform seperti Instagram, Facebook, dan marketplace lokal untuk menarik perhatian calon pembeli. Metode yang digunakan adalah dengan pelatihan dan praktik. Evaluasi pelatihan meliputi indikator: (1) (Analisis Kebutuhan ) (2) (Metode Tutorial dan Pendampingan); (Metode Diskusi);. kegiatan ini dilakukan pada tanggal 25 November 2024 di agrowisata edukasi sungai jawi, Palembang. Hasil pelatihan menunjukkan sebanyak 20 peserta pelatihan memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 64,5 meningkat menjadi 93,5 pada post-test, dengan peningkatan rata-rata sebesar 29 poin. Seluruh peserta mengalami kenaikan nilai, mencerminkan efektivitas pelatihan yang diberikan. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan sangat efektif, terutama bagi peserta yang memiliki nilai awal yang lebih rendah (60–70). Hasil penilaian yang diberikan pada pelatihan ini menunjukkan bahwa penggunaan tools dan software editing memiliki peran penting dalam proses pembentukan suatu produk. Penggunaan software yang baik memiliki manfaat yang dapat mendukung efektifitas produksi bagi pelaku UMKM dalam mempersiapkan produk yang akan bersaing dengan produk lainnya di pasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angipora, M. (2002). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Selatan. (2023). Pelaku UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Tahun 2023. Palembang: Sumselprov. Diambil dari: https://diskopukm.sumselprov.go.id (16 November 2024)

Ikasari, D. M., Lestari, E. R., & Ni’Matul, Y. (2021, April). Inventory Control Analysis of Frozen Processed Shrimp Using Silver Meal Heuristic Method (Case Study at PT. X Malang, East Java, Indonesia). in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 733 (1), p. 012062).

Juliasari, D., & Liyundira, F. S. (2022). Desain Kemasan Produk sebagai Media Perluasan Pemasaran. Progress Conference, 5(2), 206–211. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/497.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Kementerian Koperasi dan UKM. 2023. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM. Retrieved January 11, 2023 (http://umkm.depkop.gp.id/).

Maryanti, S., & Eliza, Y. (2022). Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk dan Kemasan Produk di Kelompok Tani Desa Lembah Sari Rumbai Pekanbaru. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6).

Noviadji, B. R. (2014). Desain Kemasan Tradisional dalam Konteks Kekinian. Artika, 1(1), 10-21.

N. C. Purnomo, I. G. N. Ardana, and C. T. Handoko. (2013). Perancangan Kemasan Dan Media Promosi Kue Gandjelrel Khas Kota Semarang. Jurnal DKV Adiwarna, 1, (2). 1–7. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/714.

Suhardi, D. (2019). Optimalisasi Keterampilan Pembuatan Kemasan untuk Meningkatkan Pemasaran Produk pada UKM Pembuat Tape di Desa Cibeureum Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 116 -128. https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i02.2105.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi ke-3). Yogyakarta: Andi.

Wijayanti, T. (2012). Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Subagja, G., Rahmatullah, R., Meitasari, N., & Melisa Ariani Putri. (2024). Pelatihan Desain Label Produk UMKM Agrowisata Edukasi Sungai Jawi. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 248–259. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.568