Sosialisasi Literasi dan Pendidikan Politik Dasar bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Pilkada 2024

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.570

Authors

  • Naurah Lisnarini Universitas Padjadjaran
  • Atef Fahrudin
  • Fasha Islami Aulia
  • Anggun Rahmaningrum
  • Ade Fira Syahrani

Keywords:

Literasi Politik, Komunikasi Politik, Pilkada

Abstract

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini ini bertujuan untuk memberikan Sosialisasi Literasi dan Pendidikan Politik Dasar bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Pilkada 2024 yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pangandaran. Kegiatan ini melibatkan sekitar 34 siswa kelas 12 dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai literasi politik dan proses demokrasi, khususnya dalam konteks Pilkada. Melalui pendekatan interaktif yang mencakup debat, diskusi, dan pemaparan materi oleh narasumber, peserta diberikan wawasan mengenai pentingnya partisipasi aktif dalam Pilkada, serta sikap bijak dalam menghadapi isu politik seperti hoaks dan praktik politik uang. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan pengetahuan dan pemahaman peserta. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam skor post-test peserta, yang mencerminkan keberhasilan kegiatan dalam meningkatkan literasi politik mereka. Temuan ini menegaskan bahwa sosialisasi tersebut efektif dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab, serta memberikan kontribusi terhadap penguatan demokrasi di tingkat lokal. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan dasar bagi pengembangan program serupa di sekolah-sekolah lain untuk memperluas dampak literasi demokrasi di kalangan generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, L., Munandar, J. M., & Sumarwan, U. (2021). Pilkada amidst a pandemic: The role of the electronic word of mouth in political brand and voting intention. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 25(1), 32–47. https://doi.org/10.22146/JSP.63986

Maarif, S. D. (2023). Mengapa Harus Ada Demokrasi dan Apa Saja Manfaatnya? https://tirto.id/mengapa-harus-ada-demokrasi-dan-apa-saja-manfaatnya-gRoU

Masrina, D., Kurniawati, L., & Sirait, R. A. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Siber pada Siswa-Siswi SMAN 1 Parigi Pangandaran Kelas XIPA1 dan XIPA2. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 372–378. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i2.176

Montolalu, C. E. J. C., & Langi, Y. A. R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika Dan AplikasideCartesia.

Muna, C. (2022). Eksistensi Peran Mahasiswa Dalam Pengabdian Masyarakat. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(01), 32–50.

Suyatno. (2016). Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Tantangan Demokrasi Lokal di Indonesia. Indonesian Political Science Review, 1(2), 212–230. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpi/article/view/6586/4951

Wahyudin. (2019). PANCASILA AND THE DEVELOPMENT OF DEMOCRACY IN INDONESIA: AN AXIOLOGICAL PERSPECTIVE. JURNAL KAWISTARA, 9(2), 127–138. https://journal.ugm.ac.id/kawistara/article/view/34854/25897

Yohanes, Y. T. S., Lukman, D. R. K. S., & Lestari, N. W. R. (2021). Penerapan Pre & Post-Test terhadap Hasil Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Akuntansi UPBJJ UT Mataram. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 297–306.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Lisnarini, N., Fahrudin, A., Aulia, F. I., Rahmaningrum, A., & Syahrani, A. F. (2024). Sosialisasi Literasi dan Pendidikan Politik Dasar bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Pilkada 2024. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 293–304. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.570