Pengembangan Karakter melalui Permainan Outbond bagi Siswa

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.575

Authors

  • Tresiana Sari Utami Universitas Katolik Musi Charitas
  • Anastasia Sri Kustini Universitas Katolik Musi Charitas
  • Riyanto Universitas Katolik Musi Charitas
  • B A Indriasari Universitas Katolik Musi Charitas

Keywords:

remaja, karakter, SMP Kusuma Bangsa

Abstract

Anak yang memasuki usia remaja sering menunjukkan perilaku agresif baik di rumah maupun di sekolah. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan orang tua dan sekolah setempat, sehingga diperlukan peran orang tua dan lingkungan sekolah untuk mengembangkan karakter positif anak tersebut. Dalam pengabdian kepada masyarakat, tim PkM Universitas Katolik Musi Charitas di Sekolah Menengah Pertama Kusuma Bangsa Palembang yang dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2024, telah memberikan pendampingan tentang pengembangan karakter untuk siswa kelas VII. Dalam kegiatan PkM ini telah diberikan kegiatan untuk mengembangkan karakter positif. Kegiatan berupa pemberian materi, permainan outbond bersama teman berkelompok, dan diakhiri refleksi serta evaluasi kegiatan. Berdasarkan angket yang diberikan kepada peserta menunjukkan 83,3% perserta menyatakan kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat dan mengharapkan kegiatan yang serupa dilaksanakan kembali di Sekolah Menengah Pertama Kusuma Bangsa Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adimas, Hernawan, Hartoni, F. V. (2023). Pengalaman Aktivitas Luar Kelas (Outdoor Activity) dalam Menumbuhkan Keterampilan Kolaborasi pada Anak. Journal Olahraga Rekat (Rekreasi Masyarakat), 2(1).

Herlina. (2015). Bibliotherapy: Mengatasi Masalah Anak dan Remaja melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Iffah, F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis dan Filologi, 1(1).

Jannah, R. (2024). Kaleidoskop 2024: 573 Kasus Kekerasan dan Perundungan Terjadi di Lingkungan Pendidikan. NU Online, https://nu.or.id/nasional/kaleidoskop-2024-573-kasus-kekerasan-dan-perundungan-terjadi-di-lingkungan-pendidikan-xOnTh, 29 Desember 2024.

Lestari, W.S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bulliying di Kalangan Peserta Didik. Sosio Didaktika: Social Science Educational Journal, 3(2).

Nilakusmawati, D.P.E., Sari, K., Puspawati, N. M. (2016). Upaya Peningkatan Penguasaan Guru SD dalam Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulisan Ilmiah Melalui Pelatihan. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(1).

Rachmadina, R. & Farisa, F. C. (2024). Perundungan Pelajar oleh 3 Siswa di SMP Swasta Bogor Berakhir Damai. www.kompas.com, https://megapolitan.kompas.com/read/2024/10/15/08072781/kasus-perundungan-pelajar-oleh-3-siswa-di-smp-swasta-bogor-berakhir-damai, 15 Oktober 2024.

Rizkyta, D.P. & Fardana, N.A. (2017). Hubungan antara PErsepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dan Kematangan Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6.

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Susanto, B.H. (2017). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2).

Wijayanti, et al. (2023). Pelatihan Pengembangan Profesi Pendidik Melalui PTK dan Implementasi Pembelajaran Inovatif Bagi Guru SD YPII. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Utami, T. S., Anastasia Sri Kustini, Riyanto, & B A Indriasari. (2024). Pengembangan Karakter melalui Permainan Outbond bagi Siswa . Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 320–331. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.575