Pelatihan Akuntansi dengan Media Pembelajaran Accounting Business Games untuk Peningkatan Pemahaman Siswa SMK
https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.576
Keywords:
Pengabdian kepada Masyarakat, Literasi Akuntansi, Accounting Business Games, Metode Praktik, Laporan KeuanganAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi dasar akuntansi melalui metode edukatif Accounting Business Games. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif, menyenangkan, dan aplikatif bagi peserta. Metode yang digunakan meliputi ceramah untuk penyampaian dasar-dasar akuntansi dan praktik menggunakan Accounting Business Games, sebuah permainan edukatif yang menyerupai permainan Monopoly. Peserta dibagi ke dalam kelompok dengan peran khusus untuk mensimulasikan transaksi bisnis, mencatat jurnal akuntansi, dan menyusun laporan keuangan sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta, dengan sebagian besar mampu memahami alur transaksi dan mencatat jurnal dengan benar. Namun, beberapa peserta masih memerlukan bimbingan terkait identifikasi akun yang tepat. Evaluasi dilakukan melalui pemeriksaan hasil pekerjaan setiap kelompok untuk memastikan pemahaman yang benar terhadap materi yang diajarkan. Kegiatan ini membuktikan bahwa Accounting Business Games efektif dalam meningkatkan literasi akuntansi dengan pendekatan yang praktis dan menyenangkan. Rekomendasi dari kegiatan ini meliputi perluasan program ke komunitas atau sekolah lain, sesi lanjutan untuk mendalami konsep akuntansi yang lebih kompleks, serta integrasi metode permainan dengan teknologi digital.
Downloads
References
Darmawati, D., Putri, N., Banjarnahor, E., Riyanti, Y. E., Brutu, A. K., Echilia, K., & Ulinvia, R. (2022). Pelatihan Akuntansi Perusahaan Dagang dan Perusahaan Jasa bagi Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 8(1), 98-107.
Ghofur, M. A. (2019). Media pembelajaran interaktif. Maglearning. https://maglearning.id/2019/05/22/media-pembelajaran-interaktif/
Hutabarat, Z. S. (2022). Kesulitan Belajar Akuntansi Keuangan (Studi Kasus Pada Materi Merchandise Inventory Management). Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 5(2), 149-164.
Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337-6349.
Soemaryono, S., Pratono, R., & Ismangil, I. (2021). Pelatihan akuntansi keuangan bagi siswa SMK Kartini Surabaya. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13484.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitriyah Nurhidayah, Irma Paramita Sofia, Novy Silvia Dewi, Farhan Ady Pratama, Arry Eksandy, Farhan Fadil Ghifari, Putri Rachma Mutira, Ronny Rudolf Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of any article on Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-SA license.
- The copyright on each article belongs to the author.
- The authors retain all of their rights to the published work, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that the Jurnal Pengabdian Dharma Wacana was the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-SA) license.
- Authors may submit articles separately, arrange for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institution repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Jurnal Pengabdian Dharma Wacana;
- The author warrants that the original article, written by the author mentioned, has not been previously published, does not contain any unlawful statements, does not violate the rights of others, is subject to copyright which is exclusively held by the author.
- If an article is co-prepared by more than one author, each author submitting a manuscript warrants that he or she has been authorized by all co-authors to agree to the copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. The International Journal of Artificial Intelligence Research will not be held liable for anything that may arise due to the authors' internal disputes.
Licence :
The Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA). This license permits anyone to:.
- Sharing — copying and redistributing this material in any form or format;
- Adaptation — compose, modify, and create derivatives of this material for any purpose.
Licence :
- Attribution — You must include an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in a manner that is appropriate, but does not imply that the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you compose, modify, or make derivatives of this material, you must distribute your contribution under the same license as the original material.