Pelatihan Akuntansi dengan Media Pembelajaran Accounting Business Games untuk Peningkatan Pemahaman Siswa SMK

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.576

Authors

  • Fitriyah Nurhidayah Universitas Pembangunan Jaya
  • Irma Paramita Sofia Universitas Pembangunan Jaya
  • Novy Silvia Dewi Universitas Pembangunan Jaya
  • Farhan Ady Pratama Universitas Pembangunan Jaya
  • Arry Eksandy Universitas Pembangunan Jaya
  • Farhan Fadil Ghifari Universitas Pembangunan Jaya
  • Putri Mutira Universitas Pembangunan Jaya
  • Ronny Rudolf Siahaan Universitas Pembangunan Jaya

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Literasi Akuntansi, Accounting Business Games, Metode Praktik, Laporan Keuangan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi dasar akuntansi melalui metode edukatif Accounting Business Games. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif, menyenangkan, dan aplikatif bagi peserta. Metode yang digunakan meliputi ceramah untuk penyampaian dasar-dasar akuntansi dan praktik menggunakan Accounting Business Games, sebuah permainan edukatif yang menyerupai permainan Monopoly. Peserta dibagi ke dalam kelompok dengan peran khusus untuk mensimulasikan transaksi bisnis, mencatat jurnal akuntansi, dan menyusun laporan keuangan sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta, dengan sebagian besar mampu memahami alur transaksi dan mencatat jurnal dengan benar. Namun, beberapa peserta masih memerlukan bimbingan terkait identifikasi akun yang tepat. Evaluasi dilakukan melalui pemeriksaan hasil pekerjaan setiap kelompok untuk memastikan pemahaman yang benar terhadap materi yang diajarkan. Kegiatan ini membuktikan bahwa Accounting Business Games efektif dalam meningkatkan literasi akuntansi dengan pendekatan yang praktis dan menyenangkan. Rekomendasi dari kegiatan ini meliputi perluasan program ke komunitas atau sekolah lain, sesi lanjutan untuk mendalami konsep akuntansi yang lebih kompleks, serta integrasi metode permainan dengan teknologi digital.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawati, D., Putri, N., Banjarnahor, E., Riyanti, Y. E., Brutu, A. K., Echilia, K., & Ulinvia, R. (2022). Pelatihan Akuntansi Perusahaan Dagang dan Perusahaan Jasa bagi Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 8(1), 98-107.

Ghofur, M. A. (2019). Media pembelajaran interaktif. Maglearning. https://maglearning.id/2019/05/22/media-pembelajaran-interaktif/

Hutabarat, Z. S. (2022). Kesulitan Belajar Akuntansi Keuangan (Studi Kasus Pada Materi Merchandise Inventory Management). Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 5(2), 149-164.

Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337-6349.

Soemaryono, S., Pratono, R., & Ismangil, I. (2021). Pelatihan akuntansi keuangan bagi siswa SMK Kartini Surabaya. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13484.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Nurhidayah, F., Sofia, I. P., Dewi, N. S., Pratama, F. A., Eksandy, A., Ghifari, F. F., … Siahaan, R. R. (2024). Pelatihan Akuntansi dengan Media Pembelajaran Accounting Business Games untuk Peningkatan Pemahaman Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 340–345. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.576