Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMA Negeri Gunung Megang di Era Teknologi 5.0
https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i4.588
Keywords:
Kreativitas, Media Pembelajaran, Google SitesAbstract
Di era teknologi 5.0, perkembangan teknologi memberikan dampak besar terhadap sektor pendidikan, terutama dalam meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Teknologi 5.0 memungkinkan kolaborasi lebih erat antara manusia dan mesin untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, pemanfaatan teknologi ini masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan pelatihan bagi guru dan resistensi terhadap perubahan. Oleh karena itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang mengadakan pelatihan bagi guru SMA Negeri 1 Gunung Megang guna meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi dan praktik secara tatap muka, yang mencakup tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru tertarik dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan berhasil mengembangkan media pembelajaran menggunakan Google Sites. Evaluasi pasca- pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta menilai Google Sites sebagai platform yang efektif dalam mendukung pembelajaran digital di era teknologi 5.0. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan dan kreativitas guru dalam pembelajaran berbasis teknologi.
Downloads
References
Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783. https://doi.org/10.53696/27214834.280
Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century skills: TVET dan tantangan abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kasma, S., Nirsal, N., & Yasir, F. N. (2022). Pemanfaatan Teknologi melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru SMAN 4 Kota Palopo. Abdimas Langkanae, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.53769/jpm.v2i1.48
Khabib, M. A., Risdiyanto, H., Rambas, J. D., Romlah, R., Arifin, Z., & Rohman, S. (2024). Penerapan Pendekatan Sistem Pembelajaran dalam Organisasi Pendidikan Islam. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 120–139. https://doi.org/10.58577/dimar.v6i1.318
Kusumaningtyas, S. I. (2022). Penggunaan Google Sites Dan Video Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Pada Materi Dimensi Tiga. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.914
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1979
Mursalin, M., Ali, M., Mursyidah, M., Rizka, M., & Armita, D. (2024). Pelatihan Edukasi Canva dan AI bagi Calon Guru Profesional dalam Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Secara Daring. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 4(2), 114–122.
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Shobri, M., & Rifqi, Q. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di UPT SMP Negeri 19 Gresik. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1208
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24–35.
Suryana, E., Prahasti, P., & Iskandar, A. P. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Siswa pada SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 85–88. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3583
Susanti, P., Jayadi, P., Hidayati, N. R., Riyanto, S., & Kiswardianta, R. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru SMK Cendekia Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 141–146. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lusiana, Yunika Lestaria Ningsih, Jumroh, Eka Fitri Puspa Sari, Anggria Septiani Mulbasari, Asnurul Isroqmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of any article on Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-SA license.
- The copyright on each article belongs to the author.
- The authors retain all of their rights to the published work, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that the Jurnal Pengabdian Dharma Wacana was the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-SA) license.
- Authors may submit articles separately, arrange for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institution repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Jurnal Pengabdian Dharma Wacana;
- The author warrants that the original article, written by the author mentioned, has not been previously published, does not contain any unlawful statements, does not violate the rights of others, is subject to copyright which is exclusively held by the author.
- If an article is co-prepared by more than one author, each author submitting a manuscript warrants that he or she has been authorized by all co-authors to agree to the copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. The International Journal of Artificial Intelligence Research will not be held liable for anything that may arise due to the authors' internal disputes.
Licence :
The Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA). This license permits anyone to:.
- Sharing — copying and redistributing this material in any form or format;
- Adaptation — compose, modify, and create derivatives of this material for any purpose.
Licence :
- Attribution — You must include an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in a manner that is appropriate, but does not imply that the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you compose, modify, or make derivatives of this material, you must distribute your contribution under the same license as the original material.