Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMA Negeri Gunung Megang di Era Teknologi 5.0

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i4.588

Authors

  • Lusiana Universitas PGRI Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Eka Fitri Puspa Sari Universitas PGRI Palembang
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang
  • Asnurul Isroqmi Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Kreativitas, Media Pembelajaran, Google Sites

Abstract

Di era teknologi 5.0, perkembangan teknologi memberikan dampak besar terhadap sektor pendidikan, terutama dalam meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Teknologi 5.0 memungkinkan kolaborasi lebih erat antara manusia dan mesin untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, pemanfaatan teknologi ini masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan pelatihan bagi guru dan resistensi terhadap perubahan. Oleh karena itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang mengadakan pelatihan bagi guru SMA Negeri 1 Gunung Megang guna meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi dan praktik secara tatap muka, yang mencakup tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru tertarik dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan berhasil mengembangkan media pembelajaran menggunakan Google Sites. Evaluasi pasca- pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta menilai Google Sites sebagai platform yang efektif dalam mendukung pembelajaran digital di era teknologi 5.0. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan dan kreativitas guru dalam pembelajaran berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783. https://doi.org/10.53696/27214834.280

Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century skills: TVET dan tantangan abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kasma, S., Nirsal, N., & Yasir, F. N. (2022). Pemanfaatan Teknologi melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru SMAN 4 Kota Palopo. Abdimas Langkanae, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.53769/jpm.v2i1.48

Khabib, M. A., Risdiyanto, H., Rambas, J. D., Romlah, R., Arifin, Z., & Rohman, S. (2024). Penerapan Pendekatan Sistem Pembelajaran dalam Organisasi Pendidikan Islam. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 120–139. https://doi.org/10.58577/dimar.v6i1.318

Kusumaningtyas, S. I. (2022). Penggunaan Google Sites Dan Video Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Pada Materi Dimensi Tiga. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.914

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1979

Mursalin, M., Ali, M., Mursyidah, M., Rizka, M., & Armita, D. (2024). Pelatihan Edukasi Canva dan AI bagi Calon Guru Profesional dalam Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Secara Daring. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 4(2), 114–122.

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Shobri, M., & Rifqi, Q. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di UPT SMP Negeri 19 Gresik. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1208

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24–35.

Suryana, E., Prahasti, P., & Iskandar, A. P. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Siswa pada SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 85–88. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3583

Susanti, P., Jayadi, P., Hidayati, N. R., Riyanto, S., & Kiswardianta, R. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru SMK Cendekia Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 141–146. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14022

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Lusiana, Ningsih, Y. L., Jumroh, Sari, E. F. P., Mulbasari, A. S., & Isroqmi, A. (2025). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMA Negeri Gunung Megang di Era Teknologi 5.0 . Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(4), 446–456. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i4.588