Pelatihan English For Business bagi Siswa/i SMK Negeri 04 Bandar Lampung

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.589

Authors

  • Akgis Cahya Ningtias Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Ahmad Rifa’i Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Suripto Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Nazwa Meisya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Lafriska Fortuna Saragih Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Nola Dwi Istiqomah Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung

Keywords:

Bahasa Inggris, english for business, business telephone

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan English for Business kepada siswa SMK Negeri 04 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan praktik. Evaluasi pelatihan meliputi indikator: (1) Pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test peserta; (2) Antusiasme/respon peserta dalam mengikuti kegiatan; (3) Kemampuan peserta memahami materi dalam praktik kehidupan sehari-hari; (4) Kejelasan pemateri dalam menyampaikan materi. Target jangka panjang yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah menjadikan siswa SMK Negeri 04 Bandar Lampung mahir dalam English for Business.

Secara keseluruhan nilai rata-rata peserta sebelum dilaksanakan kegiatan sosialisasi adalah 46 dan mengalami kenaikan menjadi 86 setelah dilaksanakan kegiatan pelatihan. Kenaikan rata-rata sebesar 40 poin. Nilai pre-test tertinggi adalah 70 dan nilai terendah 10, sedangkan untuk sesi post-test nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 70. Sehingga, kegiatan pengabdian ini mampu memberikan dampak positif secara kognitif terhadap pengetahuan tentang English for Business. Sedangkan dari sisi afektif muncul kesadaran, kemauan, dan kemampuan peserta dalam menerapkan English for Business dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crystal, D. (2003). English as a Global Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Flinders, S., Dignen, B., & Sweeney, S. (2012). English365 Level 3 Personal Study Book with Audio CD (ESE Edition, Malta). Cambridge: Cambridge University Press.

Handford, M. (2010). The language of business meetings. Cambridge: Cambridge University Press.

MacKenzie, I. (2010). English for Business Studies Student’s Book: A Course for Business Studies and Economics Students. Cambridge: Cambridge University Press.

Mascull, B. (2017). Vocabulary in Use Third Edition Intermediate. Cambridge: Cambridge University Press.

Rustanta, A. & Sudarto, M. 2010). Developing Telephoning in English. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Zhao, C., & Zhao, Y. (2019). Study on Business English Practical Teaching from the Perspective of Economics of Language. Creative Education, 10(04), 726–734. https://doi.org/10.4236/ce.2019.104054

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Ningtias, A. C., Rifa’i, A., Suripto, Meisya, N., Saragih, L. F., & Istiqomah, N. D. (2025). Pelatihan English For Business bagi Siswa/i SMK Negeri 04 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(1), 74–83. https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.589