Peningkatan Kapabilitas Anti Korupsi bagi Siswa SLTA di Kecamatan Rajabasa dan Kedaton Bandar Lampung
https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i2.591
Keywords:
Kapabilitas, korupsi, anti korupsiAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada siswa SLTA melalui pelatihan peningkatan kapabilitas anti korupsi. Metode yang digunakan adalah dengan pelatihan. Evaluasi pelatihan meliputi indikator: (1) Pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test peserta; (2) Antusiasme/respon peserta dalam mengikuti kegiatan; (3) Kemampuan peserta memahami materi dalam praktik kehidupan sehari-hari; (4) Kejelasan pemateri dalam menyampaikan materi. Target jangka panjang yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah menjadikan siswa SLTA di Kecamatan Rajabasa dan Kedaton memperoleh peningkatan kapabilitas anti korupsi. Secara keseluruhan nilai rata-rata peserta sebelum dilaksanakan kegiatan sosialisasi adalah 46 dan mengalami kenaikan menjadi 85 setelah dilaksanakan kegiatan pelatihan. Kenaikan rata-rata sebesar 39 poin. Nilai pre test tertinggi adalah 70 dan nilai terendah 10, sedangkan untuk sesi post test nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 50. Sehingga, kegiatan pengabdian ini mampu memberikan dampak positif secara kognitif terhadap pengetahuan tentang pendidikan anti korupsi. Sedangkan dari sisi afektif muncul kesadaran, kemauan, dan kemampuan peserta dalam menerapkan tindakan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. Luaran dari kegiatan ini adalah artikel ilmiah yang disubmit ke Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, video kegiatan, dan profil hasil pengabdian yang disampaikan dan diseminarkan pada seminar hasil pengabdian yang diselenggarakan oleh FISIP Universitas Lampung.
Downloads
References
Alfiyati, Ay. (2017). Implemtation of Anti Corruption Education Program in Senior High School 6 Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, VI(3), 289–302.
Dewi, N. K. D. F. Y. (2023). Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi dalam menumbuhkan Budaya ANti Korupsi. Jurnal Ilmu Hukum Sui Generis, 3(1), 26–32.
Handoyo, E., Wijayanti, T., Irawan, H., Khomsani, I., & Hermawan, D. (2021). Penguatan Karakter Anti Korupsi Bagi Lurah di Kecamatan Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS), 25(2), 119–126.
ICW. (2011). Korupsi di Mata Siswa-siswa SMA. Indonesia Corruption Watch. https://antikorupsi.org/id/article/korupsi-di-mata-siswa-siswa-sma
KBBI. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://kbbi.kemdikbud.go.id
KPK. (2023). Mengenal Pengertian Korupsi dan Anti Korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi. https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20220411-mengenalpengertian-korupsi-dan-antikorupsi
Sa’diyah, R., Shofiyah, S., Anam, N. S., Kurniawan, & Anam, M. K. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Pendidikan Antikorupsi bagi Aktivis Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–6.
Sandra, V. (2022). Urgensi Penyelenggaraan Pendidikan ANti Korupsi Pada Setiap Jenjang Pendidikan Berdasarkan UU Nomor 30 Tahun 2002. Ganesha Civic Education Journal, 4(2), 325–333.
Sulton, Sunarto, & Mahardhani, A. J. (2022). Penguatan Pendidikan Anti Korupsi untuk Mahasiswa. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 139–145.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arie Fitria, Tabah Maryanah, Hani Damayanti Aprilia, May Roni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of any article on Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-SA license.
- The copyright on each article belongs to the author.
- The authors retain all of their rights to the published work, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that the Jurnal Pengabdian Dharma Wacana was the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-SA) license.
- Authors may submit articles separately, arrange for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institution repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Jurnal Pengabdian Dharma Wacana;
- The author warrants that the original article, written by the author mentioned, has not been previously published, does not contain any unlawful statements, does not violate the rights of others, is subject to copyright which is exclusively held by the author.
- If an article is co-prepared by more than one author, each author submitting a manuscript warrants that he or she has been authorized by all co-authors to agree to the copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. The International Journal of Artificial Intelligence Research will not be held liable for anything that may arise due to the authors' internal disputes.
Licence :
The Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA). This license permits anyone to:.
- Sharing — copying and redistributing this material in any form or format;
- Adaptation — compose, modify, and create derivatives of this material for any purpose.
Licence :
- Attribution — You must include an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in a manner that is appropriate, but does not imply that the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you compose, modify, or make derivatives of this material, you must distribute your contribution under the same license as the original material.