From Turkiye to Kelawi Village: International Collaboration in Developing Tourism Branding through User Experience

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.595

Authors

  • Winda Septiani Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Damayanti Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Prasetya Nugeraha Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Gita P. Djausal Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Mayroni Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Maulana Agung Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Salwa Azzahra International Relations Department, Institute of Social Sciences, Bursa Uludağ University

Keywords:

branding, user experience, pariwisata, Mingarua

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan branding pariwisata Desa Wisata Kelawi, khususnya Pantai Minang Rua, dengan pendekatan berbasis pengalaman pengguna (user experience). Kegiatan ini mencakup pelatihan branding, peningkatan kemampuan bahasa Inggris untuk pemandu wisata lokal, serta demonstrasi budaya asing melalui Ngopi ala Turki. Kegiatan ini berkolaborasi dengan International Volunteers Association (DAMLA Turkiye) dan Indonesian Student Association Bursa Turkiye. Selain memperkenalkan elemen budaya internasional, tetapi juga memperkuat daya tarik wisata Desa Kelawi di tingkat global. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta mengenai pentingnya branding pariwisata yang berbasis pengalaman wisatawan dan komunikasi yang efektif, khususnya dalam bahasa Inggris. Selain itu, demonstrasi pembuatan kopi ala Turki berhasil memperkenalkan masyarakat lokal pada keberagaman budaya, sekaligus memperkaya pengalaman wisatawan. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif bagi peningkatan kapasitas masyarakat dalam mengelola destinasi wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, D. S., & Rizki, M. (2024). Program Pelatihan dalam Pengabdian Masyarakat di Desa Wisata Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 138-158. http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i2.4149

Anholt, S. (2007). Competitive Identity and Development. In Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities and Regions (pp. 113-128). London: Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/9780230627727_6

Darmastuti, A., Fitria, A., Yuwono, S. D., & Satria, H. (2025). Socialization Concerning the Roles of Women in the Plural Perspectives of Islam in Indonesia. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(4), 408-422. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i4.537

Ferdaus, F., Wijaya, T., Wibawa, A., & Pratama, P. A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Wisata Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i1.519

Graddol, D. (2006). English next (Vol. 62). London: British council.

Gretzel, U., Fesenmaier, D. R., & O’Leary, J. T. (2020). Tourism Experience Design and Marketing. London: Emerald Publishing.

Karababa, E., & Ger, G. (2011). Early modern Ottoman coffeehouse culture and the formation of the consumer subject. Journal of Consumer Research, 37(5), 737-760.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Boston: Pearson Education. https://doi.org/10.1086/656422

Kotler, P., & Lane Keller, K. (2016). A framework for marketing management. Boston : Pearson Education

Leslie, D., & Sigala, M. (2005). International cultural tourism: Management, implications and cases. Oxford: Routledge.

Nopalia, N., Okta Felani, R., Inka Riski, S. I., & Husna, N. (2024). Peningkatan Penjualan Olahan Jeruk Terusan dengan Pendekatan Brand Image melalui Pembuatan Konten Kreatif Menggunakan Sosial Media . Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(3), 211–219. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i3.542

Norman Donald, A. (2013). The design of everyday things. Cambridge: MIT Press.

Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (2011). The experience economy. Brighton: Harvard Business Press.

Rosalia, F., Zainal, A. G., Neta, Y., Kagungan, D., & Hidayati, D. A. (2024). Pemampudayaan Kapasitas Kelompok Sadar Wisata Desa Kunjir Kabupaten Lampung Selatan melalui Pelatihan Optimalisasi Potensi Wisata dan Pengurangan Resiko Bencana Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(2), 136–146. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i2.529

Richards, G., & Fernandes, C. (2023). Cultural tourism during the (COVID)-19 pandemic in Portugal. Tourism Culture & Communication, 23(2-3), 219-231. https://doi.org/10.3727/109830422X16600594683427

Septiani, W., Aziz, S., Nareswari, T. L., Muhyi, A., Sari, M., Billa, F. S., Nugroho, M.M.S., Mizuki, C.A. & Rahayu, S.M. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Alternatif Pemasaran Produk pada CV. Buah Asa Tani, Bangunrejo, Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(2), 121-130. https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i2.444

World Tourism Organization. (2021). Tourism and Cultural Heritage: A Guide for

Sustainable Development. Madrid: UNWTO Press.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Septiani, W., Damayanti, Nugeraha, P., Djausal, G. P., Mayroni, Agung, M., & Azzahra, S. (2025). From Turkiye to Kelawi Village: International Collaboration in Developing Tourism Branding through User Experience . Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(1), 117–131. https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.595