Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Interaktif bagi Guru di SMPN 4 Lubuklinggau
https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.596
Keywords:
Quizizz, Pembelajaran Interaktif, GuruAbstract
Perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan. Salah satu dampak nya adalah pergeseran metode pembelajaran dari konvensional menuju pembelajaran berbasis digital. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut agar pembelajaran tetap relevan dan menarik bagi peserta generasi digital. Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mengadopsi teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk dalam evaluasi. Namun, metode evaluasi yang digunakan guru-guru pada SMPN 4 Lubuklinggau bersifat monoton dan kurang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar dan kurang optimalnya pemetaan hasil belajar. Quizizz merupakan salah satu platform evaluasi berbasis game yang dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, dan praktik langsung. Sebelum kegiatan pelatihan dimulai, terlebih dahulu di lakukan kegiatan pengisian kuesioner pre test diawal yang hasil nya menunjukkan rata-rata peserta belum memahami aplikasi quizizz namun setelah mengikuti kegiatann pelatihan ini hasil pengisian kuesioner post test menunjukkan ada nya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan Quizizz, serta antusiasme dalam mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran.
Downloads
References
Ariani, R. (2019). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dalam pengembangan multimedia interaktif program pasca sarjana pendidikan fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 157.
Citradewi, C. P. (2023). Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA: Seberapa efektif? Sebuah studi literatur. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2).
Hairun, Y., Tonra, W. S., Abdullah, I. H., & Ikhsan, M. (2021). Pelatihan pengolahan alpukat menjadi kerupuk. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 47–53.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4).
Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny. (2022). Pengembangan media poster melalui aplikasi Quizizz bermuatan etnosains pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188–201.
Rijal, M. F. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1).
Surtiyani, S. (2016). Meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD melalui media pembelajaran tiga dimensi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 36–52.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2).
Tohra, W. S., Angkotasan, N., Prawitha, D., & Ikhsan, M. (2023). Menjadi guru kreatif melalui aplikasi Quizizz. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(1).
Yusnidah. (2022). Pengembangan media animasi pada pembelajaran elektronika siswa SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nopalia Nopalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of any article on Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-SA license.
- The copyright on each article belongs to the author.
- The authors retain all of their rights to the published work, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that the Jurnal Pengabdian Dharma Wacana was the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-SA) license.
- Authors may submit articles separately, arrange for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institution repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Jurnal Pengabdian Dharma Wacana;
- The author warrants that the original article, written by the author mentioned, has not been previously published, does not contain any unlawful statements, does not violate the rights of others, is subject to copyright which is exclusively held by the author.
- If an article is co-prepared by more than one author, each author submitting a manuscript warrants that he or she has been authorized by all co-authors to agree to the copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. The International Journal of Artificial Intelligence Research will not be held liable for anything that may arise due to the authors' internal disputes.
Licence :
The Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA). This license permits anyone to:.
- Sharing — copying and redistributing this material in any form or format;
- Adaptation — compose, modify, and create derivatives of this material for any purpose.
Licence :
- Attribution — You must include an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in a manner that is appropriate, but does not imply that the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you compose, modify, or make derivatives of this material, you must distribute your contribution under the same license as the original material.