Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Interaktif bagi Guru di SMPN 4 Lubuklinggau

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.596

Authors

  • Nopalia Nopalia Universitas PGRI Silampari
  • Rio Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Marsehan Universitas PGRI Silampari
  • Raniyah Ayu Lestari Universitas PGRI Silampari
  • Dina Dalilah Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Quizizz, Pembelajaran Interaktif, Guru

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan. Salah satu dampak nya adalah pergeseran metode pembelajaran dari konvensional menuju pembelajaran berbasis digital. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut agar pembelajaran tetap relevan dan menarik bagi peserta generasi digital. Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mengadopsi teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk dalam evaluasi. Namun, metode evaluasi yang digunakan guru-guru pada SMPN 4 Lubuklinggau bersifat monoton dan kurang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar dan kurang optimalnya pemetaan hasil belajar. Quizizz merupakan salah satu platform evaluasi berbasis game yang dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, dan praktik langsung. Sebelum kegiatan pelatihan dimulai, terlebih dahulu di lakukan kegiatan pengisian kuesioner pre test diawal yang hasil nya menunjukkan rata-rata peserta belum memahami aplikasi quizizz namun setelah mengikuti kegiatann pelatihan ini hasil pengisian kuesioner post test menunjukkan ada nya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan Quizizz, serta antusiasme dalam mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, R. (2019). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dalam pengembangan multimedia interaktif program pasca sarjana pendidikan fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 157.

Citradewi, C. P. (2023). Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA: Seberapa efektif? Sebuah studi literatur. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2).

Hairun, Y., Tonra, W. S., Abdullah, I. H., & Ikhsan, M. (2021). Pelatihan pengolahan alpukat menjadi kerupuk. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 47–53.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4).

Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny. (2022). Pengembangan media poster melalui aplikasi Quizizz bermuatan etnosains pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188–201.

Rijal, M. F. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1).

Surtiyani, S. (2016). Meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD melalui media pembelajaran tiga dimensi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 36–52.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Quizizz sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2).

Tohra, W. S., Angkotasan, N., Prawitha, D., & Ikhsan, M. (2023). Menjadi guru kreatif melalui aplikasi Quizizz. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(1).

Yusnidah. (2022). Pengembangan media animasi pada pembelajaran elektronika siswa SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(3).

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Nopalia, N., Rio, Marsehan, A., Lestari, R. A., & Dalilah, D. (2025). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Interaktif bagi Guru di SMPN 4 Lubuklinggau. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.596