Program Pelatihan Soft Skill dan Kesiapan Kerja bagi Siswa SMK di Bandar Lampung

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.604

Authors

  • Hani Damayanti Aprilia Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas lampung
  • Arif Sugiono Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas lampung
  • Akgis Cahya Ningtias Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas lampung

Keywords:

Kesiapan Kerja, Soft SKill, Siswa SMK, Pelatihan, Wawancara Kerja

Abstract

Kesiapan kerja menjadi aspek krusial bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menghadapi persaingan dunia industri. Namun, masih ditemukan rendahnya penguasaan soft skill seperti komunikasi, etika kerja, dan keterampilan wawancara pada siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan kerja melalui pelatihan soft skill dan teknik wawancara bagi siswa SMKN 4 Bandar Lampung. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta dan dilaksanakan melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan simulasi wawancara kerja. Evaluasi dilakukan menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur perubahan pemahaman peserta. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: nilai rata-rata pretest sebesar 30 meningkat menjadi 89 pada posttest, dengan kenaikan rata-rata sebesar 60 poin. Nilai pretest tertinggi adalah 50 dan terendah 10, sedangkan posttest menunjukkan peningkatan dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 80. Temuan ini menggambarkan bahwa pelatihan efektif dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa secara signifikan, khususnya dalam aspek soft skill yang menjadi bekal utama dalam memasuki dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2022. Jakarta: BPS.

Depdiknas. (2009). Panduan Pengembangan Diri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Robles, M. M. (2012). Executive perceptions of the top 10 soft skills needed in today’s workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453–465.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jackson, D. A. (2017). Using work-integrated learning to enhance career planning among business undergraduates. Australian Journal of Career Development, 26(3), 153–164. https://doi.org/10.1177/1038416217727124.

Ozora, D., Suharti, L., & Sirine, H. (2016). Potret Perencanaan Karier pada Mahasiswa (Studi terhadap Mahasiswa di Sebuah Perguruan Tinggi di Jawa Tengah). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 103–111.

Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karier Melalui Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Ix-1 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 51(1), 51. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa.

Widowati, D. (2016). Karier Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi. Buletin Ekonomi, 14(1), 33–40.

Widyanti, R. (2021). Manajemen Karier (Teori, Konsep dan Praktik). Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Aprilia, H. D., Sugiono, A., & Ningtias, A. C. (2025). Program Pelatihan Soft Skill dan Kesiapan Kerja bagi Siswa SMK di Bandar Lampung . Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(1), 141–148. https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.604