Penyuluhan Literasi Keuangan Digital dan Pemasaran Digital Pada Pelaku UMKM di Desa Burai Kabupaten Ogan Ilir

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.608

Authors

  • Agung Putra Raneo Program Studi Manajemen, Universitas Sriwijaya
  • Afriyadi Cahyadi Program Studi Manajemen, Universitas Sriwijaya
  • Ghia Subagja Program Studi Manajemen, Universitas Sriwijaya
  • Reska Rahmatullah Program Studi Manajemen, Universitas Sriwijaya

Keywords:

UMKM, Literasi, Keuangan Digital, Pemasaran Digital

Abstract

Desa Burai merupakan bagian dari Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Mata pencaharian utama masyarakat Desa Burai adalah pelaku UMKM. Adapun jenis usaha yang dilakukan adalah kerajinan songket, pembuatan kemplang dan pempek. Kendala yang dihadapi oleh masyarakat Desa Burai dalam menjalankan usahanya adalah kurangnyapengetahuan dalam pengelolaan keuangan dan teknik pemasaran digital Kebanyakan mereka menjalankan usaha dengan gaya konvensional. Atas dasar permasalahan tersebut maka dilakukan penyuluhan dengan tema tersebut. Masyarakat yanghadir berjumlah 30 orang. Penyuluhan dilakukan dengan model ceramah interaktif. Hasil interaksi selama penyuluhan menunjukan rendahnya literasi masyarakat mengenai pengelolaan keuangan usaha berbasis digital serta metode pemasaran digital. Untuk pemasaran digital, tingkat literasi relatif lebih tinggi dibandingkan keuangan digital. Beberapa pelaku UMKM sudah melakukan penjualan di marketplace dan membuat konten di sosial media. Perlu konsistensi danpendampingan rutin dan berkesinambungan agar manfaat penyuluhan bisa terus dirasakan oleh pelaku UMKM di Desa Burai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afjal, M. (2023). Bridging the financial divide: A bibliometric analysis on the role of digital financial services within FinTech in enhancing financial inclusion and economic development. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1). https://doi.org/10.1057/s41599-023-02086-y

Agustina, F. I., Wijaya, D. A., Rosyida, U., & Pramono, H. (2024). Peningkatan omzet Para-Para Anggur di Desa Mas-Mas melalui pemasaran digital berbasis media sosial dan website. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 179–187.

Anshika, Singla, A., & Mallik, G. (2021). Determinants of financial literacy: Empirical evidence from micro and small enterprises in India. Asia Pacific Management Review. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.03.001

Ardiansyah, L. Y., D., & Febriana, W. (2023). Pengaruh literasi keuangan digital terhadap perkembangan usaha: Studi kasus pada UMKM di Praya Kabupaten Lombok Tengah. Income: Digital Business Journal, 1(1), 59–66. https://doi.org/10.30812/income.v1i1.2659

Bidasari, B., Anggraini, Y., Maharani, T., & Fauziah, A. (2023). Peran literasi keuangan dan literasi digital dalam meningkatkan kinerja UMKM. Owner, 7(2), 1635–1645. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1404

Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh literasi keuangan, literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap minat generasi Z pada bank syariah. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(11), 4971–4982. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856

Damarsiwi, E. P. M., Yulianti, R., & Kurniawan, R. (2023). Pelatihan peningkatan keterampilan literasi keuangan digital bagi ibu-ibu rumah tangga. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3551

Desai, D. M. V. (2019). Digital marketing: A review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Special Issue, 196–200. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23100

Grönroos, C. (1994). From marketing mix to relationship marketing: Towards a paradigm shift in marketing. Asia-Australia Marketing Journal, 2(1), 9–29. https://doi.org/10.1016/s1320-1646(94)70275-6

Ilmi, M., & Supeni, N. (2022). Sosialisasi pemasaran digital, literasi keuangan dan pelatihan pembuatan besek tape bagi UMKM Desa Kasiyan Kecamatan Puger, Jember. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 1(2), 40–45. https://doi.org/10.57119/abdimas.v1i2.7

Juhartini, Saniyah, E. Y., & Yani, A. (2024). Pemberdayaan wanita melalui digital marketing dan akses terhadap modal usaha, Desa Batu Kumbung, Kec. Lingsar. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 143–153.

Kaban, R. F., & Safitry, M. (2020). Does financial literacy effect to performance and sustainability of culinary MSMEs in Greater Jakarta? Ekonomi Bisnis, 25(1), 1–13. https://doi.org/10.17977/um042v25i1p1-13

Kotler, P. (1972). Marketing management: Analysis, planning, implementation and control. Prentice-Hall.

Lestari, R. I., Santoso, D., & Indarto, I. (2021). Meningkatkan literasi keuangan digital pada pelaku UMKM melalui sosialisasi gerakan nasional non-tunai. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 378–386. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10947

Lopus, J. S., Amidjono, D. S., & Grimes, P. W. (2019). Improving financial literacy of the poor and vulnerable in Indonesia: An empirical analysis. International Review of Economics Education, 32, 100168. https://doi.org/10.1016/j.iree.2019.100168

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Pada, A. T., Manik, C. D., Panggabean, M. T., & Sinaga, E. R. (2022). Literasi keuangan dan pemasaran digital untuk membangun ekonomi desa tangguh berbasis kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 22(2), 321–329. https://doi.org/10.35965/eco.v22i2.1559

Riska, E. L., Mardi, & Respati, D. K. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan literasi digital terhadap kinerja UMKM kuliner di Pasar Rebo Jakarta Timur. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2547–2562. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i11.3534

Santi Rimadias, R., Fadillah, S., & Muhtadi, A. (2023). Peningkatan usaha UMKM Kantin Yen Yen melalui digital marketing dan pencatatan keuangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(2), 134–138. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i2.223

Saputro, N., Susanto, A., Nugroho, W., & Cahyadi, A. (2022). Literasi keuangan digital untuk mendorong wirausaha berbasis digital. Manajemen Dewantara, 7(1), 46–51. https://doi.org/10.26460/md.v7i1.13606

Shefrin, H. (2000). Beyond greed and fear: Understanding behavioral finance and the psychology of investing. Oxford University Press.

Sofi’i, Y. K., Sudarman, S., & Nugroho, W. S. (2024). Peningkatan daya saing UMKM Mimi Roti melalui penerapan teknologi pengemasan dan pemasaran digital. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 9(5), 906–911. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i5.6665

Widyastuti, U., Sugiharto, D. N., & Prasetyo, E. (2022). Peningkatan literasi keuangan dan pemasaran. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 2(4), 262–266.

Zidni Husnia, F., Nugraeni Putrie, W., & Ratna Purnama, S. (2024). Pengaruh literasi keuangan, digital payment dan kemampuan menyusun laporan keuangan terhadap kinerja UMKM. Jurnal Fairness, 14(1), 1–13. https://doi.org/10.33369/fairness.v14i1.33329

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Raneo, A. P., Cahyadi , A., Subagja, G., & Rahmatullah, R. (2024). Penyuluhan Literasi Keuangan Digital dan Pemasaran Digital Pada Pelaku UMKM di Desa Burai Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(1), 149–161. https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.608