Membangun Keterampilan Front Office Unggul untuk Karier Siswa SMK Perkantoran dan Perhotelan di Industri Perhotelan

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i2.620

Authors

  • Akgis Cahya Ningtias Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Mediya Destalia Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Feny Saptani Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Hani Damayanti Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
  • Nola Dwi Istiqomah Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung

Keywords:

Front Office, Industri Hotel, Perkantoran, Perhotelan

Abstract

Tujuan dari kegiatan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan serta membekali para siswa dengan berbagai macam aspek- aspek keterampilan yang dibutuhkan pada bagian Front Office dalam industry perhotelan. Guna membangun karier ketika memasuki dunia kerja. Luaran dari kegiatan ini adalah artikel ilmiah pada Jurnal Dharma Wacana, video kegiatan, dan profil hasil pengabdian yang dipublikasikan pada seminar hasil pengabdian Universitas Lampung. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Dimulai dengan pengenalan keterampilan mengenai Front Office dan penyampaian materi pelatihan/sosialisasi, dilanjutkan dengan simulasi atau latihan dalam praktik kemampuan serta keterampilan Front Office dan Tanya jawab / diskusi.

Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai keterampilan yang dibutuhkan di Front Office bagi siswa perkantoran maupun perhotelan sebagai bekal ketika memasuki dunia kerja di industry perhotelan . Serta kegiatan ini menindaklanjutkan Perjanjian Kerjasama dengan Golden Tulip Hotel dan peserta dalam kegiatan ini adalah para siswa SMK jurusan perkantoran dan perhotelan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusnawar.2025.Resepsionis Hotel.Jakarta: Gramedia Pustaka

Bagyono.2006.Teori dan Praktik Hotel Front Office.Jakarta:Alfabeta

Bardi, James A. 2007. Hotel Front Office Management (4th ed). United State of America: John Wiley & Sons, Inc.

Darsono,Agustinus.2011.Front Office Hotel.Jakarta:PT.Grasindo

Dewi, T., Sutarma, G., Susanto, B., & Budiarta, P. (2021). Tourist Satisfaction Level of Front Office Department Staff Services at Tanadewa Resort & Spa . International Journal of Green Tourism Research and Applications , 3(2), 40–48.

Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordyana, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Front Office Di Kelas XI Akomodasi. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 688–698.

Irwanto, & Guswiani, W. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 77. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).77-91

Komar, Richard. 2006. Hotel Management. Jakarta: Gramedia.

Maryati, R. (2020). Front Office (C3) Kelas XII. https://fdokumen.com/document/front-office-kelas-xii-quantum-book-smk- kelas-xii-untuk-mempelajari-dan-memperdalam.html?page=1

Sambodo,Agus dan Bagyono.2006.Dasar-Dasar Kantor Depan Hotel.Yogyakarta:Andi.

Sunarno, Adi. 2012. Front Office Management. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suwithi, Ni Wayan dan Cecil Erwin Jr. Boham. 2008.Akomodasi Perhotelan Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.

Published

2025-09-30

How to Cite

Ningtias, A. C., Destalia, M., Saptani, F., Damayanti, H., & Istiqomah, N. D. (2025). Membangun Keterampilan Front Office Unggul untuk Karier Siswa SMK Perkantoran dan Perhotelan di Industri Perhotelan. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(2). https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i2.620