Meningkatkan Daya Saing Produsen Batu Bata Desa Jatiagung Melalui Branding, Pemasaran Digital dan Manajemen Produksi

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i3.642

Authors

  • Gusti Adi Pranoto Adi Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Keywords:

Branding; Pemasaran Digital; Manajemen Produksi; UMKM; Daya Saing

Abstract

Desa Jatiagung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu memiliki potensi besar dalam industri batu bata yang dikelola oleh pelaku usaha lokal, salah satunya Bapak Joko Suhendri. Meskipun memiliki pengalaman dan kualitas produksi yang baik, mitra menghadapi kendala dalam aspek branding, pemasaran digital, dan manajemen produksi. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha melalui pelatihan dan pendampingan dalam strategi branding, pemanfaatan media sosial untuk pemasaran, serta pengelolaan produksi yang efisien. Metode pelaksanaan meliputi observasi lapangan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi melalui pretest dan posttest. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mitra dalam branding dari 20% menjadi 85%, pemasaran digital dari 10% menjadi 90%, serta manajemen produksi dari 25% menjadi 75%. Selain itu, terjadi peningkatan penjualan batu bata sebesar ±20%. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas mitra dalam mengelola usaha secara digital dan profesional, memperkuat posisi usaha di pasar lokal, serta memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haris, A. T. L. P. L., Alifa, N. R., Askhar, B. M., Haris, A. T. E., Solihin, D. A., Pranoto, G. A., & Putri, A. A. K. S. (2025). Bisnis digital: Implementasi konsep berkelanjutan.

Kayyis, R., Kurniati, K., Pranoto, G. A., Rahmawati, I. D., & Janeta, P. (2024). Memperkuat dasar berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan pemasaran digital produk tradisional Provinsi Lampung bagi pengrajin kain tapis Lampung di Desa Lugusari Kabupaten Pringsewu. Abdimas Siliwangi, 7(3), 639–654.*

Pranoto, G. A. (n.d.). Instagram ads define market segmentation. International Conference on Social, Technology, Education, and Health Science (ISTEHS). E-ISSN: 2963-5985. Retrieved from http://proceeding.umpri.ac.id/

Pranoto, G. A. (2025, January). Innovative product strategies and market penetration of Indonesian SMEs: A case study of Rafin’s Snack. In Proceeding of International Conference on Social Technology Education and Health Science (Vol. 2, No. 1).

Pranoto, G. A., Arifin, A., & Purwanto, P. (2024). Peningkatan green purchase intention melalui environmental knowledge marketing pada Klangenan Integrated Farm di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, 15(1), 23–27.*

Pranoto, G. A., Arifin, M. M., & Purwanto, S. E. I. (2024). Marketing digital di lembaga sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 14(4), 597–601.*

Pranoto, G. A., Hilal, R. P., Pambudi, S. R., Falakh, M. M., Amanda, L. D., Supatmawati, A., & Fadilah, S. (2024). Pemberdayaan potensi alam Desa Roworejo: UMKM klanting dan geblek dari olahan singkong. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 251–260.*

Pranoto, G. A., Wulandari, F., Kurniati, K., Tunnajah, N., & Cahyani, R. A. D. (2023). Pemasaran digital melalui content creator berbahasa Inggris bagi pengrajin tapis di Desa Lugusari Pringsewu. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 221–230.*

Wahayuningtias, C., Wagiyo, W., Arohman, A., & Pranoto, G. A. (2023). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian SR 12 pada distributor Sukoharjo. Jurnal Signaling, 12(2), 168–184.*

Published

2025-12-18

How to Cite

Adi, G. A. P. (2025). Meningkatkan Daya Saing Produsen Batu Bata Desa Jatiagung Melalui Branding, Pemasaran Digital dan Manajemen Produksi. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(3). https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i3.642