Peningkatan Technological Pedagogical Knowledge Guru Untuk Mengakselerasi Transformasi Edukasi Abad 21 Melalui Integrasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Dalam KBM

https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i4.489

Authors

  • Andi Windah Lampung University
  • Nina Yudha Aryanti Lampung University
  • Ida Nurhaida Lampung University
  • Eri Maryani Lampung University

Keywords:

Learning Culture, 21st Century Skills, Teacher Competency, Technological Pedagogical Knowledge (TPK)

Abstract

Di era modern ini, kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi, ditambah dengan fenomena globalisasi, telah membawa transformasi besar dalam sektor pendidikan. Sebagai ilustrasi, terdapat evolusi dalam tradisi belajar-mengajar, dan munculnya tantangan untuk mengasuh dan meluluskan siswa yang memiliki Kemampuan Abad ke-21 (21st Century Skills). Pada saat yang sama, pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah merombak cara pembelajaran yang kini dilaksanakan secara online, menuntut banyak pihak, khususnya para pendidik, untuk bersikap fleksibel dan terampil dalam menggunakan TIK. Sehubungan dengan itu, mengasah kemampuan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) bagi guru-guru menjadi kebutuhan mendesak untuk menavigasi perubahan ini dan menjawab tantangan pendidikan saat ini. Melalui inisiatif pengabdian ini, kami bertujuan untuk menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan workshop untuk memperkaya kompetensi Technological Pedagogical Knowledge (TPK) di kalangan guru SD di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan. Harapannya, dengan kompetensi baru ini, guru-guru dapat lebih baik dalam mengatasi tantangan pendidikan abad ke-21, yaitu membentuk lulusan atau sumber daya manusia yang berbekal 21st Century Skills. Dari kegiatan pengabdian yang melibatkan 33 guru dari SDN Sidoasih, serta beberapa perwakilan dari sekolah lain dalam kecamatan yang sama, kami mencatat peningkatan kompetensi yang memadai terkait Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Hal ini diindikasikan dari peningkatan pemahaman peserta sebanyak 41 poin pasca kegiatan ini, dan juga terlihat dari keberhasilan mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chai, C. S., Koh, J. H. L., & ... (2019). Enhancing and modeling teachers’ design beliefs and efficacy of technological pedagogical content knowledge for 21st century quality learning. Journal of Educational …. https://doi.org/10.1177/0735633117752453

Chairunnisak. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED.

Deng, F., Chai, C. S., So, H. J., Qian, Y., & Chen, L. (2017). Examining the validity of the technological pedagogical content knowledge (TPACK) framework for preservice chemistry teachers. … of Educational Technology. https://ajet.org.au/index.php/AJET/article/view/3508

Gustiani, S. (2020). STUDENTS’MOTIVATION IN ONLINE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC ERA: A CASE STUDY. Holistics (Hospitality and Linguistics): Jurnal Ilmiah …. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/holistic/article/view/3029

Jimoyiannis, A. (2010). Designing and implementing an integrated technological pedagogical science knowledge framework for science teachers professional development. Computers & Education, 55(3), 1259–1269.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pembelajaran Abad 21. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? . Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Koehler, M. J. et. al. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. Handbook of Research on Educational Communications and Technology, 9, 101–111.

Liesa-Orús, M., Latorre-Cosculluela, C., & ... (2020). The technological challenge facing higher education professors: Perceptions of ICT tools for developing 21st century skills. Sustainability. https://www.mdpi.com/2071-1050/12/13/5339

Niemi, H. M., & Kousa, P. (2020). A Case Study of Students’ and Teachers’ Perceptions in a Finnish High School during the COVID Pandemic. International Journal of Technology in Education and …. https://eric.ed.gov/?id=EJ1271362

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (n.d.). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pradhan, P., Subedi, D. R., Khatiwada, D., Joshi, K. K., & ... (2021). The COVIDâ€19 pandemic not only poses challenges, but also opens opportunities for sustainable transformation. Earth’s …. https://doi.org/10.1029/2021ef001996

Rahmadi, I. F. (2019). Technological pedagogical content knowledge (tpack): kerangka pengetahuan guru abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://www.academia.edu/download/66332361/pdf.pdf

Schmidt, A., & Denise et.al. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 123–149.

Tanak, A. (2020). Designing TPACK-based course for preparing student teachers to teach science with technological pedagogical content knowledge. Kasetsart Journal of Social Sciences. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/234891

Tantiyo, R. W. (2018). Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Pendidik Sejarah Se-Kabupaten Jember. Universitas Jember.

Tondeur, J., Scherer, R., Siddiq, F., & Baran, E. (2020). Enhancing pre-service teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK): A mixed-method study. Educational Technology …. https://doi.org/10.1007/s11423-019-09692-1

Trisdiono, H., & Muda, W. (2013). Strategi Pembelajaran Abad 21. LPMP Jogja Kemdikbud.

Universitas Pendidikan Indonesia. (2014). Kerangka Kompetensi TIK bagi Guru. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Windah, A., Aryanti, N. Y., Nurhaida, I., & Maryani, E. (2024). Peningkatan Technological Pedagogical Knowledge Guru Untuk Mengakselerasi Transformasi Edukasi Abad 21 Melalui Integrasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Dalam KBM. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(4), 296–309. https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i4.489