Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTTG) Biodekomposer di Desa Muara Penimbung Ulu Kabupaten Ogan Ilir

https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i4.496

Authors

  • Elvi Sunarsih Jurusan Kesehatan Lingkungan, Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0001-9308-3199
  • Nurhayati Jurusan Kesehatan Lingkungan, Universitas Sriwijaya
  • Hamzah Hasyim Jurusan Kesehatan Lingkungan, Universitas Sriwijaya
  • Nur Alam Fajar Jurusan Kesehatan Lingkungan, Universitas Sriwijaya

Keywords:

Teknologi Temat Guna, Biodekomposer, Muara Penimbung Ulu

Abstract

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa organisme makhluk hidup baik manusia, hewan, serta tumbuhan. Sampah organik sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil yang dilakukan melalui secara obeservasi permasalahan sampah yang ada di masyarakat Desa Sakatiga yang menjadi masalah. Di mana sampah-sampah dari dedauan, kotoran sapi, sampah, plastic dan lain banyak sekali di buang sembarang begitu saja. Terutama sampah dedaunan yang banyak sekali menjadi masalah, baik dari dedauan yang ada di sekitar rumah penduduk dan sampah-sampah yang berasal dari tanaman, pepohan dan lain-lain. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam penerapan teknologi tepat guna biodekomposer di Desa Muara Penimbung Ulu bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan tentang penting nya kita mengetahui penerapan teknologi tepat guna biodekomposer. 2) Alat pengolahan biodekomposer di Desa Muara Penimbung Ulu, 3) Memberikan pengetahuan terhadap penerapan teknologi tepat guna biodekomposer yang bisa di gunakan. Tujuan tersebut dicapai dengan kegiatan berupa penyuluhan, pendampingan, dan penerapan teknologi yang tepat untuk mengolah sampah-sampah organic Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) Biodekomposer di desa Muara Penimbung Ulu Kabupaten Ogan Ilir. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurjazuli, et al., “Teknologi Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos Cair,†pp. 4-7, 2016

Marfuatun, “Potensi Pemanfaatan Sampah Organik,†2013

C.D. Sucipto, Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012

Saraswati, at al., “ Percepatan Proses Pengomposan Aerobik Menggunakan Biodekomposer, 2017.

Saraswati. R. 2014. Teknologi Pupuk Hayati Mendukung Pertanian Organik. Dalam Buku: Prinsip-Prinsip dan Teknologi Pertanian Organik. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian. IAARD PRESS. 2014. Hlm. 169-180.

Published

2024-03-30

How to Cite

Sunarsih, E., Nurhayati, Hasyim, H., & Fajar, N. A. (2024). Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTTG) Biodekomposer di Desa Muara Penimbung Ulu Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(4). https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i4.496