Penguatan Bisnis Petani Bunga Sedap Malam Berbasis Green Marketing di Kabupaten Serang

https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i4.505

Authors

  • Bambang Arianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Rani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Agus Gunawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Suningrat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Azimi Faqqihuddin Arsyad Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya

Abstract

Pemanfaatan green marketing dapat menjadi bentuk penguatan bisnis keberlanjutan dalam konteks bisnis. Kendati demikian pemanfaatan green marketing masih terkendala minimnya pengetahuan para pegiat bisnis terutama pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dampaknya petani Bunga Sedap Malam masih kesulitan menerapkan konsep green marketing dalam tata kelola bisnis berkelanjutan yang menekankan pada kampanye sadar lingkungan. Dalam pengabdian masyarakat di Desa Kadubeureum Kabupaten Serang yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2023, telah diberikan pelatihan dan pendampingan tentang penguatan bisnis bagi petani Bunga Sedap Malam berbasis green marketing. Dalam pendampingan ini telah diberikan berbagai pengetahuan tentang penguatan bisnis dengan penekanan pada aspek green marketing seperti teknik penciptaan kemasan produk daur ulang, dan pengurangan limbah. Keberhasilan dari kegiatan ini tampak dari meningkatnya pengetahuan dan pemahaman petani Bunga Sedap Malam tentang perancangan green marketing bagi penguatan bisnis. Dari hasil kegiatan ini diketahui pemahaman akan pemanfaatan green marketing bisa memperkuat aspek bisnis petani Bunga Sedap Malam di Desa Kadubeureum Kabupaten Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdad, M. M., & Agit, A. (2023). Dampak Penggunaan Green Product Terhadap Kesehatan Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 3, pp. 62-67). https://doi.org/10.30872/pbio.v3i0.1254

Adawiyah, R. (2017). Strategi Petani Bunga Sedap Malam (Polianthes Tuberosa) dalam Menghadapi Pasar di Desa Pekoren Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. AntroUnairdotNet, VI (2).

Aziz, U. A., & Shihab, M. S. (2024). Penerapan Green Marketing dan Dampaknya Terhadap Citra Perusahaan. Journal of Economics and Business UBS, 13(2), 492-502. https://doi.org/10.52644/joeb.v13i2.1560

Hasanatien, M., Tantawi, A. R., & Gusmeizal, G. (2018). Pemberian Lidah Buaya, Daun Sirih, dan Concentrated Mineral Drops (CMD) Dalam Mempertahankan Kesegaran Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa L.). Agrotekma: Jurnal Agroteknologi dan Ilmu Pertanian, 2(2), 107-120. 10.31289/agr.v2i2.1629

Heizer, J & Render, B. (2006). Operation Management International Edition Seventh Edition. Prentice Hall. USA.

Nusraningrun, D., & Yusoff, Y. M. (2023). Pelatihan Penerapan Strategi Produksi Halal Green Product dalam Upaya Menciptakan Wirausaha Mandiri dan Memiliki Strategi Produksi. JE (Journal of Empowerment), 4(1), 57-63. https://doi.org/10.35194/je.v4i1.3382

Putri, Y. A., Sulbahri, R. A., & Kusuma, G. S. M. (2023). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Kinerja Keuangan Dan Non-Keuangan Perusahaan. Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 33-50. https://doi.org/10.30630/jam.v18i1.207

Rohibni, R., Fuat, F., Aidin, A., Indrianis, Y., Yolanda, A. T., Jannah, H. I., ... & Yasmin, Y. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Rembang Kabupaten Pasuruan Melalui Sociopreneur Sedap Malam (Polianthes Tuberose) Terintegrasi Dalam Mewujudkan Desa Maju Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 784-802. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.499

Setiaji, Y. (2014). Pengaruh Green Marketing terhadap keberlanjutan lingkungan, profitabilitas perusahaan dan ekonomi masyarakat lokal. Media Wisata, 12(2). https://doi.org/10.36276/mws.v12i2.207

Suwarso, S., Ahmad, F., & Rohman, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Agrowisata Berkonsep Green Narketing (organik) di Kecamatan Licin. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 57-68. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2483

Yanti, R., Nuvriasari, A., Harto, B., Puspitasari, K. A., Setiawan, Z., Susanto, D., ... & Syarif, R. (2023). Green Marketing For Business. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wibowo, N. M., Widiastuti, Y., Siswadi, S., Wijaya, R. M. A., Puteramika, A., Ghifari, F. H., & Fauziyah, A. M. (2023). Pemberdayaan UMKM Batik Melalui Penerapan Green Narketing Guna Meningkatkan Green Customer. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1-8. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.2097

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Arianto, B., Rani, Gunawan, A., Suningrat, & Arsyad, A. F. (2024). Penguatan Bisnis Petani Bunga Sedap Malam Berbasis Green Marketing di Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(4), 330–341. https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i4.505