Pelatihan Komunikasi Interpersonal pada Pengelola Perpustakaan Sekolah di SMPN 3 Jati Agung Lampung Selatan

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i1.510

Authors

  • Puspandari Setyowati Sugiyanto Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Bangun Suharti Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Sugiyanta Suharti Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Ermirullyta Harda Ninggar Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung

Abstract

Kegiatan komunikasi interpersonal merupakan kegiatan sehari-hari yang paling banyak dilakukan oleh manusia sebagai mahluk sosial. Sejak bangun tidur dipagi hari sampai tidur lagi di larut malam. Sebagian besar dari waktu kita digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kemampuan berkomunikasi merupakan suatu kemampuan yang paling dasar yang harus dimiliki manusia. Oleh karena itu kemampuan berkomunikasi dalam hal ini komunikasi interpersonal merupakan kemampuan yang paling dasar sehingga orang sering berasumsi bahwa kemampuan berkomunikasi merupakan keterampilan yang bisa dimiliki dengan sendirinya. Tujuan kegiatan ini meningkatkan pengetahuan pustakawan mengenai pentingnya keterampilan komunikasi interpersonal dalam melaksanakan pelayanan perpustakaan, meningkatkan kemampuan pustakawan dalam mendengarkan secara efektif, meningkatkan kemampuan pustakawan dalam berbicara secara efektif. Metode kegiatan penyuluhan ini menggunakan ceramah dan praktek berkomunikasi efektif. Sebelum dilaksanakan penyuluhan, dilakukan pra test melalui pertanyaan secara tertulis dan setelah penyuluhan dilakukan post test melalui pertanyaan secara tertulis pada Pengelola Perpustakaan SMP Negeri 3 Jati Agung Lampung Selatan. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini adalah peserta telah mendapatkan keterampilan tentang pelayanan prima melalui referensi umum, tetapi masih diperlukan pendampingan tentang hal ini, disamping itu perlu ditindaklanjuti dengan program-program penguatan dari pihak pimpinan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeVito, J. A. (1992). The Interpersonal Communication Book (6th ed). New York: Harper Collins.

Hartono, M. (2016). Penerapan Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Melayani Pengunjung Perpustakaan Kota Samarinda. ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id, diakses pada 29 April 2017.

Istiana, P. (2014). Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.

Makarim, L. (2006). Pustakawan Idaman Pemakainya: Sebuah Studi Di Perpustakaan Nasional RI. Media Pustakawan: Media Komunikasi Antar Pustakawan, 13(3&4), 11 – 18.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sari, A. A. (2015). Peran Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Meningkatkan Kepuasan Layanan Anggota Perpustakaan Ganesa. Jurnal IKON, 1(2) , 1-9.

Sulistyo, B.. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.

Suroto. (2012). Komunikasi Interpersonal: Bahan Ajar Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Sugiyanto, P. S., Suharti, B., Suharti, S., & Ninggar, E. H. (2024). Pelatihan Komunikasi Interpersonal pada Pengelola Perpustakaan Sekolah di SMPN 3 Jati Agung Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i1.510