Pelatihan Komunikasi Interpersonal pada Pengelola Perpustakaan Sekolah di SMPN 3 Jati Agung Lampung Selatan
https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i1.510
Abstract
Kegiatan komunikasi interpersonal merupakan kegiatan sehari-hari yang paling banyak dilakukan oleh manusia sebagai mahluk sosial. Sejak bangun tidur dipagi hari sampai tidur lagi di larut malam. Sebagian besar dari waktu kita digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kemampuan berkomunikasi merupakan suatu kemampuan yang paling dasar yang harus dimiliki manusia. Oleh karena itu kemampuan berkomunikasi dalam hal ini komunikasi interpersonal merupakan kemampuan yang paling dasar sehingga orang sering berasumsi bahwa kemampuan berkomunikasi merupakan keterampilan yang bisa dimiliki dengan sendirinya. Tujuan kegiatan ini meningkatkan pengetahuan pustakawan mengenai pentingnya keterampilan komunikasi interpersonal dalam melaksanakan pelayanan perpustakaan, meningkatkan kemampuan pustakawan dalam mendengarkan secara efektif, meningkatkan kemampuan pustakawan dalam berbicara secara efektif. Metode kegiatan penyuluhan ini menggunakan ceramah dan praktek berkomunikasi efektif. Sebelum dilaksanakan penyuluhan, dilakukan pra test melalui pertanyaan secara tertulis dan setelah penyuluhan dilakukan post test melalui pertanyaan secara tertulis pada Pengelola Perpustakaan SMP Negeri 3 Jati Agung Lampung Selatan. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini adalah peserta telah mendapatkan keterampilan tentang pelayanan prima melalui referensi umum, tetapi masih diperlukan pendampingan tentang hal ini, disamping itu perlu ditindaklanjuti dengan program-program penguatan dari pihak pimpinan sekolah.
Downloads
References
DeVito, J. A. (1992). The Interpersonal Communication Book (6th ed). New York: Harper Collins.
Hartono, M. (2016). Penerapan Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Melayani Pengunjung Perpustakaan Kota Samarinda. ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id, diakses pada 29 April 2017.
Istiana, P. (2014). Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.
Makarim, L. (2006). Pustakawan Idaman Pemakainya: Sebuah Studi Di Perpustakaan Nasional RI. Media Pustakawan: Media Komunikasi Antar Pustakawan, 13(3&4), 11 – 18.
Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sari, A. A. (2015). Peran Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Meningkatkan Kepuasan Layanan Anggota Perpustakaan Ganesa. Jurnal IKON, 1(2) , 1-9.
Sulistyo, B.. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.
Suroto. (2012). Komunikasi Interpersonal: Bahan Ajar Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Puspandari Setyowati Sugiyanto, Bangun Suharti, Sugiyanta, Ermirullyta Harda Ninggar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of any article on Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-SA license.
- The copyright on each article belongs to the author.
- The authors retain all of their rights to the published work, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that the Jurnal Pengabdian Dharma Wacana was the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-SA) license.
- Authors may submit articles separately, arrange for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institution repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Jurnal Pengabdian Dharma Wacana;
- The author warrants that the original article, written by the author mentioned, has not been previously published, does not contain any unlawful statements, does not violate the rights of others, is subject to copyright which is exclusively held by the author.
- If an article is co-prepared by more than one author, each author submitting a manuscript warrants that he or she has been authorized by all co-authors to agree to the copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. The International Journal of Artificial Intelligence Research will not be held liable for anything that may arise due to the authors' internal disputes.
Licence :
The Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA). This license permits anyone to:.
- Sharing — copying and redistributing this material in any form or format;
- Adaptation — compose, modify, and create derivatives of this material for any purpose.
Licence :
- Attribution — You must include an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in a manner that is appropriate, but does not imply that the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you compose, modify, or make derivatives of this material, you must distribute your contribution under the same license as the original material.