Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Wisata Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung

https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i1.519

Authors

  • Feri Ferdaus Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Toni Wijaya Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Agung Wibawa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
  • Prayoga Ardhi Pratama Program Studi Hubungan Masyarakat, Universitas Lampung

Abstract

Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung merupakan desa pesisir yang terletak di tepi pantai Teluk Kiluan yang sangat eksotis. Namun, dengan bermacam keunggulan yang dimilikinya, pemerintah dan masyarakat Desa Kiluan Negeri selama ini belum melakukan promosi yang terencana dan berkelanjutan. Promosi wisata Desa Kiluan Negeri selama ini cenderung hanya mengandalkan liputan pemberitaan dari pihak lain maupun dari percakapan mulut ke mulut saja. Pemanfaatan media sosial untuk tujuan promosi wisata merupakan pilihan yang sangat tepat bagi pelaku industri pariwisata teramasuk Desa Kiluan Negeri. Sebab, media sosial memiliki keunggulan yang signifikan dalam mempromosikan pariwisata dan membantu destinasi wisata untuk menjangkau calon wisatawan potensial dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan efektif. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan coba memberikan dukungan kepada masyarakat setempat berupa kegiatan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan wisata di Desa Kiluan Negeri. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat memecahkan beragam persoalan yang dihadapi masyarakat Desa Teluk Kiluan Negeri terutama dalam hal promosi wisata. Dengan adanya promosi wisata yang lebih baik, Desa Kiluan Negeri diharapkan akan semakin dikenal luas sebagai daerah wisata yang memiliki daya tarik dan keunikan yang khas sehingga pada akhirnya kunjungan wisatawan ke Teluk Kiluan akan terus meningkat secara lebih signifikan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Castells, M. (2010). The Power of Identity: The Information Age: Economy, Society, and Culture (Vol. II). John Wiley & Sons.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kotler, Philip, & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Russel, Jack. (2021). Perancangan Promosi Wisata Teluk Kiluan Lampung. Bachelor Thesis: Universitas Multimedia Nusantara.

Perda No. 11 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perda No. 6 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Provinsi

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Ferdaus, F., Wijaya, T., Wibawa, A., & Pratama, P. A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Wisata Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.37295/jpdw.v5i1.519