Membangun Politik Cerdas: Edukasi Anti Politik Identitas bagi Mahasiswa dalam Pemilu 2024

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.552

Authors

  • Handi Mulyaningsih Jurusan Sosiologi, Universitas Lampung
  • Hartoyo Jurusan Sosiologi, Universitas Lampung
  • Ikram Jurusan Sosiologi, Universitas Lampung
  • Fuad Abdul Gani Jurusan Sosiologi, Universitas Lampung
  • Hertanto Jurusan Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Lampung
  • Syarief Makhya Jurusan Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Lampung
  • Teuku Fahmi Jurusan Sosiologi, FISIP, Universitas Lampung

Keywords:

pemilu, asas, politik identitas, pendidikan politik

Abstract

Pemilu telah dilaksanakan pemilu secara langsung sebanyak 4 (empat) kali sejak reformasi. Meskipun demikian, kedewasaan peserta pemilu masih rendah yang ditunjukkan dengan adanya konflik karena politik identas untuk meraih kemenangan. Problem ini dikhawatirkan muncul kembali pada pemilu serentak tahun 2024. Mengingat dampak politik identitas sangat berbahaya bagi dishamoni sosial sehingga perlu disosialisasikan pentingnya memahami politik identitas dikalangan mahasiswa terutama pemilih pemula. Sosialisasi yang diselenggarakan tanggal 20 Agustus tahun 2024 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pemilih pemula tentang politik identitas. Pemahamannya akan membuat mahasiswa dapat mencermati informasi yang diperoleh dari media sosial secara lebih rasional, dan membuatnya bersikap dan berperilaku rasional dalam menyikapi politik identitas. Sosialisasi dilakukan dengan metode Focus Goup Discussion (FGD), sehingga ada interaksi yang akrab antar peserta dengan narasumber dan fasilitator. Metode ini lebih efektif dan efisien untuk memahami politik identitas, menginternalisasikannya menjadi sikap dan perilaku yang positif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mahasiswa pemilih pemula memahami bahwa Indonesia multikultur dan potensial munculnya politik identitas. Namun sendi-sendi kebinekaan yang sudah terbangun menjadikan kehidupan yang toleran dan harmonis. Kekhawatiran terjadinya politik identitas cukup beralasan karena efektif untuk memobilisasi pemilih. Tetapi sosialisasi telah meningkatkan pemahaman tentang penggunaan narasai politik identitas dan mendorong rasionalitas yang sehat dalam konteks demokrasi.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evita, N. (2023). Generasi Z dalam pemilu: Pola bermedia generasi Z dalam pencarian informasi politik. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 5(1), 47–66. https://doi.org/10.46874/tkp.v5i1.1051

Fajri. (2023). Dominasi Politik identitas dalam kontestasi politik Indonesia serta mitigasinya jelang pemilu 2024. Jurnal Demokrasi Dan Politik Lokal, 5(2), 1–14. http://jdpl.fisip.unand.ac.id/index.php/jdpl/article/view/436%0Ahttp://jdpl.fisip.unand.ac.id/index.php/jdpl/article/download/436/80

Fernandes, R., Ananda, A., Montessori, M., Putra, E. V., & Tiara, M. (2023). Efektivitas pendidikan pemilih intrakurikuler dalam mata pelajaran sosiologi untuk membentuk ketahanan demokrasi (Studi pada siswa SMAN 7 Sekolah Penggerak, Kota Padang, Sumatra Barat). Jurnal Ketahanan Nasional, 29(1), 18. https://doi.org/10.22146/jkn.82319

Hariyanti. (2023). Pendidikan pemilih untuk pemilih pemula melalui pembelajaran PPKN di persekolahan. Bhineka Tunggal Ika, 10(2), 160–168.

Hutabarat, J. M. (2024). Media sosial menjadi strategi politik masa kini. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(1), 204–214. https://doi.org/10.59581/jpat.widyakarya.v2i1.2318

Rozuli, A. I., & Haboddin, M. (2018). Pendidikan pemilih dan penguatan demokrasi. Politea: Jurnal Politik Islam, 1(2), 129-148.

Setiawan, H. D., & Jakfar, T. M. (2023). Partisipasi politik pemilih muda dalam pelaksanaan demokrasi di pemilu 2024. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 201. https://doi.org/10.47313/pjsh.v8i2.2877

Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilihan umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407

Wingarta, Berlian Helmy, Hartono, D., I Wayan Mertadana, & Reda Wicaksono. (2021). Pengaruh politik identitas terhadap demokrasi di Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 9(4), 117–124. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i4.419

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Mulyaningsih, H., Hartoyo, Ikram, Gani, F. A., Hertanto, Makhya, S., & Fahmi, T. (2025). Membangun Politik Cerdas: Edukasi Anti Politik Identitas bagi Mahasiswa dalam Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.552