Membangun Politik Cerdas: Edukasi Anti Politik Identitas bagi Mahasiswa dalam Pemilu 2024
https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i1.552
Keywords:
pemilu, asas, politik identitas, pendidikan politikAbstract
Pemilu telah dilaksanakan pemilu secara langsung sebanyak 4 (empat) kali sejak reformasi. Meskipun demikian, kedewasaan peserta pemilu masih rendah yang ditunjukkan dengan adanya konflik karena politik identas untuk meraih kemenangan. Problem ini dikhawatirkan muncul kembali pada pemilu serentak tahun 2024. Mengingat dampak politik identitas sangat berbahaya bagi dishamoni sosial sehingga perlu disosialisasikan pentingnya memahami politik identitas dikalangan mahasiswa terutama pemilih pemula. Sosialisasi yang diselenggarakan tanggal 20 Agustus tahun 2024 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pemilih pemula tentang politik identitas. Pemahamannya akan membuat mahasiswa dapat mencermati informasi yang diperoleh dari media sosial secara lebih rasional, dan membuatnya bersikap dan berperilaku rasional dalam menyikapi politik identitas. Sosialisasi dilakukan dengan metode Focus Goup Discussion (FGD), sehingga ada interaksi yang akrab antar peserta dengan narasumber dan fasilitator. Metode ini lebih efektif dan efisien untuk memahami politik identitas, menginternalisasikannya menjadi sikap dan perilaku yang positif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mahasiswa pemilih pemula memahami bahwa Indonesia multikultur dan potensial munculnya politik identitas. Namun sendi-sendi kebinekaan yang sudah terbangun menjadikan kehidupan yang toleran dan harmonis. Kekhawatiran terjadinya politik identitas cukup beralasan karena efektif untuk memobilisasi pemilih. Tetapi sosialisasi telah meningkatkan pemahaman tentang penggunaan narasai politik identitas dan mendorong rasionalitas yang sehat dalam konteks demokrasi.
Downloads
References
Evita, N. (2023). Generasi Z dalam pemilu: Pola bermedia generasi Z dalam pencarian informasi politik. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 5(1), 47–66. https://doi.org/10.46874/tkp.v5i1.1051
Fajri. (2023). Dominasi Politik identitas dalam kontestasi politik Indonesia serta mitigasinya jelang pemilu 2024. Jurnal Demokrasi Dan Politik Lokal, 5(2), 1–14. http://jdpl.fisip.unand.ac.id/index.php/jdpl/article/view/436%0Ahttp://jdpl.fisip.unand.ac.id/index.php/jdpl/article/download/436/80
Fernandes, R., Ananda, A., Montessori, M., Putra, E. V., & Tiara, M. (2023). Efektivitas pendidikan pemilih intrakurikuler dalam mata pelajaran sosiologi untuk membentuk ketahanan demokrasi (Studi pada siswa SMAN 7 Sekolah Penggerak, Kota Padang, Sumatra Barat). Jurnal Ketahanan Nasional, 29(1), 18. https://doi.org/10.22146/jkn.82319
Hariyanti. (2023). Pendidikan pemilih untuk pemilih pemula melalui pembelajaran PPKN di persekolahan. Bhineka Tunggal Ika, 10(2), 160–168.
Hutabarat, J. M. (2024). Media sosial menjadi strategi politik masa kini. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(1), 204–214. https://doi.org/10.59581/jpat.widyakarya.v2i1.2318
Rozuli, A. I., & Haboddin, M. (2018). Pendidikan pemilih dan penguatan demokrasi. Politea: Jurnal Politik Islam, 1(2), 129-148.
Setiawan, H. D., & Jakfar, T. M. (2023). Partisipasi politik pemilih muda dalam pelaksanaan demokrasi di pemilu 2024. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 201. https://doi.org/10.47313/pjsh.v8i2.2877
Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilihan umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407
Wingarta, Berlian Helmy, Hartono, D., I Wayan Mertadana, & Reda Wicaksono. (2021). Pengaruh politik identitas terhadap demokrasi di Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 9(4), 117–124. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i4.419
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Handi Mulyaningsih, Hartoyo, Ikram, Fuad Abdul Gani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of any article on Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-SA license.
- The copyright on each article belongs to the author.
- The authors retain all of their rights to the published work, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that the Jurnal Pengabdian Dharma Wacana was the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-SA) license.
- Authors may submit articles separately, arrange for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institution repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Jurnal Pengabdian Dharma Wacana;
- The author warrants that the original article, written by the author mentioned, has not been previously published, does not contain any unlawful statements, does not violate the rights of others, is subject to copyright which is exclusively held by the author.
- If an article is co-prepared by more than one author, each author submitting a manuscript warrants that he or she has been authorized by all co-authors to agree to the copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. The International Journal of Artificial Intelligence Research will not be held liable for anything that may arise due to the authors' internal disputes.
Licence :
The Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA). This license permits anyone to:.
- Sharing — copying and redistributing this material in any form or format;
- Adaptation — compose, modify, and create derivatives of this material for any purpose.
Licence :
- Attribution — You must include an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in a manner that is appropriate, but does not imply that the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you compose, modify, or make derivatives of this material, you must distribute your contribution under the same license as the original material.