Edukasi Cuci Tangan melalui Video Bernyanyi pada Anak Sekolah Dasar Negeri 3 Metro Timur Wilayah Kerja Puskesmas Iringmulyo

https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i3.647

Authors

  • Immawati Universitas Dharma Wacana
  • Tri Kesuma Dewi Universitas Dharma Wacana
  • Ludiana

Keywords:

anak sekolah, cuci tangan, bernyanyi

Abstract

Sekolah memiliki peran untuk mendidik anak untuk melakukan Perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS). Pembelajaran tentang PHBS disekolah akan mampu meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit dan merupakan salah satu bentuk dari peran aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Salah satu indikator dalam menilai PHBS di sekolah yaitu: mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun.Mencuci tangan yang tepat harus dilakukan dengan teliti dan dilakukan minimal 1 menit untuk mencegah infeksi silang melalui tangan. Kegiatan mencuci tangan dengan benar harus ditanamkan sejak masih anak-anak, salah satu metode yang dapat digunakan menghindari anak mencuci tangan dengan terburu-buru dan salah yaitu dengan menggunakan metode cuci tangan sambil bernyanyi. Pemberian pendidikan kesehatan tentang cara cuci tangan yang benar pada anak usia sekolah (6 – 12 tahun) dengan metode bernyanyi bertujuan untuk meningkatkan perilaku cuci tangan dengan benar untuk meningkatkan status kesehataan anak sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikhususkan bagi anak usia sekolah di SDN 3 Metro Timur. Metode pengabdian menggunakan metode penyuluhan kesehatan, dengan melibatkan seluruh siswa yang ada di kelas 5 dan 6. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan kegiatan pengabdian msyarakat berupa edukasi kesehatan tentang perilaku cuci tangan enam langkah melalui media video benyanyi bermafaat bagi anak usia sekolah. Anak usia sekolah sangat membutuhkan informasi yang menarik seperti video bernyanyi dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka dalam perilaku cuci tangan dalam kehidupan sehari-hati yang akan berdampak pada peningkatan status kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, E. (2020). Metode belajar Anak Usia Dini. https://books.google.co.id. diakses pada tanggal 23 januari 2024.

Adriana, D. (2017).TumbuhKembang&TerapiBermainpadaAnak-Anak. Jakarta. SalembaMedika.

Aminingsih, S & Warsini. (2021). Penerapan Metode Bernaynyi untuk Meningkatkan Kemampuan Cuci Tangan pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. 9, No. 1.

Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Video pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), 2619-2625.

Hanafi, O., sari, S. M & Hamid, A. (2019).Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keterampilan Cuci Tangan pada Anak Kelas IV dan V di SDN 179 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.Jurnal Ners Indonesia, Vol. 9, No. 2 hal.171-181.

Idayanti, T., Vidya, H & Mustikasari, S. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan penerapan Metode Bernyanyi terhadap Kamampuan Mencuci Tangan pada Siswa Kelas A1 di RA Muslimat Darul Faizin I Desa Catak Gayam Mojowarno-Jombang. Jurnal Nurse and Health, Vol. 6, Issue 2.

Ikasari, F. S & Anggana, R. (2020). Pengetahuan Anak Usia Sekolah tentang Cuci Tangan yang Benar di Kecamatan Martapura. Jurnal Perawat Indonesia Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah, Volume 4 No. 1, Hal 316-328.

Kyle, T & Carman,S. (2018). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2 Volume 3. Jakarta: EGC.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun.Diakses melalui https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload tanggal 10 Februari 2024.

Kementerian Kesehatan RI. (2023). Rencana Aksi Nasional 2022-2030 Cuci Tangan Pakai Sabun. Diakses melalui https://kesmas.kemkes.go.id/assets/ tanggal 10 Februari 2024.

Muhaimin, A. (2018). Implementasi Social learning Theory Albert Bandura dalam Pembelajaran Fikih di MTs. DDI Paria Kabupaten Wajo.Universitas Islam Negeri Alaudidin Makasar.

Purwandari, P., Ardiana, A & Wantiyah. (2015). Hubungan antara Perilaku Mencuci Tangan dengan Insiden Diare pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurbal Keperawatan, Volume 2 Nomor 2.

Priyoto.(2015). Perubahan dalam Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Ghara Ilmu.

Swarjana, I.K. (2017). Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsep, Strategi dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Proverawati, A & Rahmawati, E. (2016).PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tiani, N. i., Falah, M., Najib, M. R., Yusdaintini, E., Nursoffiah, N., Nurlela, A., Nurjamil, A., Kartini, A. D., Nurfajari, D. i., Azzahro, F. U. G., Anggraeni, H., Mubaroq, I. A., Anzani, M., Ula, T. N & Nataprawira, I. H. (2022). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tentang Praktik Cuci Tangan yang Baik dan Benar bagi Siswa di SDN 2 Batumalang.Jurnal Pengabdian Masyarakat Balarea. https://journal.umtas.ac.id/index.php/balarea yang diakses tanggal 30 Januari 2024.

Zuliyanti, N. I & Rachmawati, F. (2020). Pengaruh penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Praktik Cuci tangan 6 Langkah Siswa SDN 2 Pangenrejo Purworejo. Jurnal Komunikasi Kesehatan Volume 11 (1).

Published

2025-12-20

How to Cite

Immawati, Dewi, T. K., & Ludiana. (2025). Edukasi Cuci Tangan melalui Video Bernyanyi pada Anak Sekolah Dasar Negeri 3 Metro Timur Wilayah Kerja Puskesmas Iringmulyo . Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 6(3). https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i3.647