Edukasi Cuci Tangan melalui Video Bernyanyi pada Anak Sekolah Dasar Negeri 3 Metro Timur Wilayah Kerja Puskesmas Iringmulyo
https://doi.org/10.37295/jpdw.v6i3.647
Keywords:
anak sekolah, cuci tangan, bernyanyiAbstract
Sekolah memiliki peran untuk mendidik anak untuk melakukan Perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS). Pembelajaran tentang PHBS disekolah akan mampu meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit dan merupakan salah satu bentuk dari peran aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Salah satu indikator dalam menilai PHBS di sekolah yaitu: mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun.Mencuci tangan yang tepat harus dilakukan dengan teliti dan dilakukan minimal 1 menit untuk mencegah infeksi silang melalui tangan. Kegiatan mencuci tangan dengan benar harus ditanamkan sejak masih anak-anak, salah satu metode yang dapat digunakan menghindari anak mencuci tangan dengan terburu-buru dan salah yaitu dengan menggunakan metode cuci tangan sambil bernyanyi. Pemberian pendidikan kesehatan tentang cara cuci tangan yang benar pada anak usia sekolah (6 – 12 tahun) dengan metode bernyanyi bertujuan untuk meningkatkan perilaku cuci tangan dengan benar untuk meningkatkan status kesehataan anak sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikhususkan bagi anak usia sekolah di SDN 3 Metro Timur. Metode pengabdian menggunakan metode penyuluhan kesehatan, dengan melibatkan seluruh siswa yang ada di kelas 5 dan 6. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan kegiatan pengabdian msyarakat berupa edukasi kesehatan tentang perilaku cuci tangan enam langkah melalui media video benyanyi bermafaat bagi anak usia sekolah. Anak usia sekolah sangat membutuhkan informasi yang menarik seperti video bernyanyi dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka dalam perilaku cuci tangan dalam kehidupan sehari-hati yang akan berdampak pada peningkatan status kesehatan.
Downloads
References
Akbar, E. (2020). Metode belajar Anak Usia Dini. https://books.google.co.id. diakses pada tanggal 23 januari 2024.
Adriana, D. (2017).TumbuhKembang&TerapiBermainpadaAnak-Anak. Jakarta. SalembaMedika.
Aminingsih, S & Warsini. (2021). Penerapan Metode Bernaynyi untuk Meningkatkan Kemampuan Cuci Tangan pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. 9, No. 1.
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Video pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), 2619-2625.
Hanafi, O., sari, S. M & Hamid, A. (2019).Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keterampilan Cuci Tangan pada Anak Kelas IV dan V di SDN 179 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.Jurnal Ners Indonesia, Vol. 9, No. 2 hal.171-181.
Idayanti, T., Vidya, H & Mustikasari, S. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan penerapan Metode Bernyanyi terhadap Kamampuan Mencuci Tangan pada Siswa Kelas A1 di RA Muslimat Darul Faizin I Desa Catak Gayam Mojowarno-Jombang. Jurnal Nurse and Health, Vol. 6, Issue 2.
Ikasari, F. S & Anggana, R. (2020). Pengetahuan Anak Usia Sekolah tentang Cuci Tangan yang Benar di Kecamatan Martapura. Jurnal Perawat Indonesia Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah, Volume 4 No. 1, Hal 316-328.
Kyle, T & Carman,S. (2018). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2 Volume 3. Jakarta: EGC.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun.Diakses melalui https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload tanggal 10 Februari 2024.
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Rencana Aksi Nasional 2022-2030 Cuci Tangan Pakai Sabun. Diakses melalui https://kesmas.kemkes.go.id/assets/ tanggal 10 Februari 2024.
Muhaimin, A. (2018). Implementasi Social learning Theory Albert Bandura dalam Pembelajaran Fikih di MTs. DDI Paria Kabupaten Wajo.Universitas Islam Negeri Alaudidin Makasar.
Purwandari, P., Ardiana, A & Wantiyah. (2015). Hubungan antara Perilaku Mencuci Tangan dengan Insiden Diare pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurbal Keperawatan, Volume 2 Nomor 2.
Priyoto.(2015). Perubahan dalam Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Ghara Ilmu.
Swarjana, I.K. (2017). Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsep, Strategi dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Proverawati, A & Rahmawati, E. (2016).PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika.
Tiani, N. i., Falah, M., Najib, M. R., Yusdaintini, E., Nursoffiah, N., Nurlela, A., Nurjamil, A., Kartini, A. D., Nurfajari, D. i., Azzahro, F. U. G., Anggraeni, H., Mubaroq, I. A., Anzani, M., Ula, T. N & Nataprawira, I. H. (2022). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tentang Praktik Cuci Tangan yang Baik dan Benar bagi Siswa di SDN 2 Batumalang.Jurnal Pengabdian Masyarakat Balarea. https://journal.umtas.ac.id/index.php/balarea yang diakses tanggal 30 Januari 2024.
Zuliyanti, N. I & Rachmawati, F. (2020). Pengaruh penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Praktik Cuci tangan 6 Langkah Siswa SDN 2 Pangenrejo Purworejo. Jurnal Komunikasi Kesehatan Volume 11 (1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Immawati, Tri Kesuma Dewi; Ludiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of any article on Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-SA license.
- The copyright on each article belongs to the author.
- The authors retain all of their rights to the published work, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that the Jurnal Pengabdian Dharma Wacana was the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY-SA) license.
- Authors may submit articles separately, arrange for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institution repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Jurnal Pengabdian Dharma Wacana;
- The author warrants that the original article, written by the author mentioned, has not been previously published, does not contain any unlawful statements, does not violate the rights of others, is subject to copyright which is exclusively held by the author.
- If an article is co-prepared by more than one author, each author submitting a manuscript warrants that he or she has been authorized by all co-authors to agree to the copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. The International Journal of Artificial Intelligence Research will not be held liable for anything that may arise due to the authors' internal disputes.
Licence :
The Jurnal Pengabdian Dharma Wacana is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA). This license permits anyone to:.
- Sharing — copying and redistributing this material in any form or format;
- Adaptation — compose, modify, and create derivatives of this material for any purpose.
Licence :
- Attribution — You must include an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in a manner that is appropriate, but does not imply that the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you compose, modify, or make derivatives of this material, you must distribute your contribution under the same license as the original material.





